ANALISIS PENGARUH FASILITAS MEMUTAR BALIK ARAH TERHADAP KINERJA RUAS JALAN NASIONAL 15, PURWOMARTANI, KALASAN (STUDI KASUS; U-TURN DEPAN HOTEL SRIKANDI BANDARA)

NAINGGOLAN, NIKOLAS TALENTINO (2019) ANALISIS PENGARUH FASILITAS MEMUTAR BALIK ARAH TERHADAP KINERJA RUAS JALAN NASIONAL 15, PURWOMARTANI, KALASAN (STUDI KASUS; U-TURN DEPAN HOTEL SRIKANDI BANDARA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
Bagian Awal.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Setiap tahunnya Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami peningkatan kepadatan penduduk. Terjadinya peningkatan penduduk tersebut pastinya akan berdampak pada kemacetan. Kemacetan sangat mungkin terjadi apabila tidak seimbangnya antara jumlah kendaraan yang ada terhadap kapasitas jalan. Pada jalan tersebut terdapat bukaan median yang merupakan salah satu prasarana transportasi yang mempermudah pergerakan kendaraan yang memutar arah. Adanya kendaraan yang memutar arah menyebabkan berkurangnya kecepatan dari kendaraan yang searah dan yang berlawanan arah, sehingga dapat menimbulkan terjadinya kemacetan. Oleh karena itu maka perlu diketahui pengaruh fasilitas memutar balik arah (UTurn) terhadap kinerja ruas jalan. Penelitian dilakukan di Yogyakarta pada u-turn yang berada di Jl. Nasional 15, Purwomartani, Kalasan yang melalui u-turn tersebut selama dua hari pengamatan yakni hari Kamis, 17 Januari 2019 dan hari Sabtu, 19 Januari 2019. Waktu pengamatan pada pagi hari pukul 06.30 – 08.30, siang hari pukul 12.00 – 14.00 dan sore hari pukul 16.00 – 18.00 dengan periode waktu setiap 15 menit. Data yang diambil dalam penelitian ini diantaranya geometik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan yang memutar, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh arus lalu lintas sebelum u-turn ke arah barat sebesar 2288 skr/jam dan ke arah timur sebesar 2532 skr/jam, hambatan samping ke arah barat dan ke arah timur dalam kategori sangat rendah, kecepatan tempuh ke arah barat sebesar 50,74 km/jam dan ke arah timur 54,05 km/jam, derajat kejenuhan sebelum u-turn ke arah barat sebesar 0,61 dan ke arah timur sebesar 0,68, arus memutar sebesar 359 skr/jam, rata – rata panjang antrian 19 m, waktu tundaan selama 17,32 detik , dan waktu memutar selama 11,15 detik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas u-turn mempengaruhi kinerja jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah u-turn untuk arah ke barat dari 2288 skr/jam menjadi 2647 skr/jam dan arah ke timur dari 2532 skr/jam menjadi 2173 skr/jam, perubahan derajat kejenuhan ke arah barat dari 0,61 menjadi 0,707 dan arah ke timur dari 0,68 menjadi 0,58 karena arus kendaraan yang berubah, serta perubahan kecepatan tempuh kendaraan untuk arah ke barat sebesar 1 % yang dipengaruhi oleh radius putar dan waktu yang dibutuhkan kendaraan untuk memutar, dan untuk arah ke timur sebesar 4 % yang dipengaruhi oleh panjang antrian dan waktu tundaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: u-turn, pengaruh, kinerja jalan
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Mar 2021 13:43
Last Modified: 26 Mar 2021 13:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23624

Actions (login required)

View Item View Item