PENINGKATAN KUALITAS BERBAGAI PRODUK OLAHAN PANGAN TINGGI LEMAK DAN PROTEIN DENGAN PENAMBAHAN TANAMAN SERAI (Cymbopogon citratus)

Rumahorbo, Edytha Marcelina (2020) PENINGKATAN KUALITAS BERBAGAI PRODUK OLAHAN PANGAN TINGGI LEMAK DAN PROTEIN DENGAN PENAMBAHAN TANAMAN SERAI (Cymbopogon citratus). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Edytha Marcelina Rumahorbo)
160801792.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Produk pangan yang tinggi lemak dan protein merupakan produk yang dapat mengalami kerusakan karena reaksi oksidasi, sehingga menyebabkan umur simpan pendek. Reaksi oksidasi dapat dicegah dengan penggunaan antioksidan, yang terdiri dari antioksidan alami dan sintetik. Penggunaan antioksidan sintetik saat ini tidak dianjurkan karena mampu memicu penyakit degenaratif dan dapat menyebabkan mutasi genetik. Satu-satunya solusi yang aman bagi kesehatan yakni dengan penggunaan antioksidan alami. Antioksidan alami dapat diperoleh dari tumbuh-tumbuhan baik buah maupun sayuran, salah satu contohnya adalah tanaman serai (Cymbopogon citratus). Flavonoid merupakan komponen utama dari keseluruhan serai, sedangkan sitral merupakan komponen utama dari minyak atsiri serai. Kandungan komponen tersebut menyebabkan serai berpotensi sebagai antioksidan alami, sehingga dapat mencegah laju oksidasi bahan pangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tanaman serai, Cymbopogon citratus, kerusakan makanan, reaksi oksidasi, antioksidan alami, flavonoid, sitral
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 30 Mar 2021 10:55
Last Modified: 30 Mar 2021 10:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23643

Actions (login required)

View Item View Item