NUGROHO, DANIEL PRIMADIMAS GRAHITO (2011) PENCITRAAN PT. KERETA API INDONESIA TERKAIT KECELAKAAN KERETA (Analisis Framing tentang Pencitraan PT. Kereta Api Indonesia Terkait Pemberitaan Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat mengenai Kecelakaan Kereta Api yang Terjadi di Tahun 2010). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03165.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03165.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03165.pdf Download (66kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03165.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03165.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencitraan PT Kereta Api Indonesia yang terbentuk dari berita-berita kecelakaan yang dimuat dalam Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat selama tahun 2010. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain, 1) Memberikan kontribusi kepada ilmu pengetahuan terutama ilmu komunikasi serta bisa dijadikan referensi bagi peneliti berikutnya. 2) Membuka wawasan bagi pembaca dan menambah pengetahuan bahwa media mempunyai kemampuan untuk mengkonstruksi berita. 3) Menambah informasi mengenai peran dan pola media massa dalam membingkai isu-isu spesifik, sensitif, atau kontroversial. Kereta api merupakan salah satu bentuk pelayanan publik dalam bidang transportasi darat, dan sebagai perusahaan yang menyelenggarakan sarana transportasi ini maka PT Kereta Api Indonesia menjadi perusahaan yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan transportasi ini. Data-data pada level teks akan diteliti dengan menggunakan framing model Pan dan Kosicky. Selain itu, dari level konteks, peneliti melakukan teknik wawancara dengan wartawan dan redaktur pelaksana SKH Kedaulatan Rakyat. Hasil dari level teks dan konteks akan digabung untuk mengetahui frame besar dari SKH Kedaulatan Rakyat terhadap PT Kereta Api Indonesia. Ada tiga citra yang terbentuk berdasarkan hasil analisis teks. Citra pertama, PT Kereta Api Indonesia dicitrakan sebagai perusahaan yang cepat tanggap, karena PT Kereta Api Indonesia mampu bergerak cepat pasca terjadinya sebuah kecelakaan. Citra kedua, PT Kereta Api Indonesia juga dicitrakan sebagai perusahaan yang bertanggung jawab kepada para korban kecelakaan kereta api. Citra ketiga, PT Kereta Api Indonesia juga dicitrakan negatif. Hal ini ditunjukkan dari pendapat beberapa narasumber yang menyebutkan bahwa kesalahan ada pada sistem yang dijalankan oleh PT Kereta Api Indonesia sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan kereta api. Di samping itu dari level konteks, menurut SKH Kedaulatan Rakyat, berita seputar kecelakaan kereta api merupakan sebuah berita yang layak untuk diberitakan karena berita tersebut adalah berita seputar pelayanan publik dan SKH Kedaulatan Rakyat sendiri tidak mendapat intervensi dari pihak manapun untuk menyusun beritanya sehingga berita yang ditampilkan tidak hanya dari sisi positif atau negatifnya saja, tetapi bisa memuat kedua hal tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Jun 2013 09:38 |
Last Modified: | 20 Jun 2013 09:38 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2372 |
Actions (login required)
View Item |