LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GALERI SENI BATIK SEBAGAI WADAH KEGIATAN PROMOSI PARIWISATA DI SURAKARTA

KOESWOYO, RENDI SOEHARYONO HONGGO (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GALERI SENI BATIK SEBAGAI WADAH KEGIATAN PROMOSI PARIWISATA DI SURAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 015016.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA 115016.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA 215016.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TA 315016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
TA 415016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
TAdaftar pusraka15016.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Kota Surakarta merupakan kota yang memiliki beragam jenis obyek wisata, antara lain : wisata alam, wisata pendidikan, wisata belanja, dan wisata buatan/ modern. Dari beragam jenis obyek wisata yang ada di Kota Surakarta tersebut, sebagian dari para wisatawan ada yang tertarik untuk mengunjungi obyek wisata seni di Surakarta, yaitu : museum Danarhadi, museum lukisan Dullah, kampung batik Kauman dan pasar antik Triwindu. Beberapa obyek wisata seni yang ada di Surakarta, berpotensi menjadikan Kota Surakarta memiliki daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata seni.sebagian dari para wisatawan yang mengunjungi obyek wisata seni di Surakarta, mempunyai beragam kepentingan yaitu, berekreasi, mempelajari dan mendalami tentang suatu karya seni, serta melakukan penelitian untuk kepentingan usaha. Untuk mewadahi kepentingan wisatawan dalam mengunjungi obyek wisata seni di Surakarta, Galeri merupakan wadah yang tepat dalam menampung kegiatan untuk kepentingan usaha yang berhubungan dengan mengumpulkan koleksi karya seni dalam wujud fisik, kegiatan untuk menentukan cara menyimpan koleksi dari hasil karya seni dalam wujud fisik dan kegiatan untuk memperdagangkan dan mempromosikan hasil karya seni dalam wujud fisik. Untuk memperkenalkan budaya Kota Surakarta kepada wisatawan dari luar kota Surakarta dan mancanegara, maka karya seni batik menjadi pilihan serta dapat memberikan nilai edukasi, apresiasi dan ekonomis bagi wisatawan dalam mengunjungi galeri seni di Surakarta. Oleh karena itu, galeri seni batik di Surakarta diharapkan dapat memberikan fasilitas kepada wisatawan yang berkunjung baik dari segi aspek ekonomis, aspek apresiasi, aspek edukasi dan aspek rekreasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Galeri seni, Batik, Aspek Apresiasi, Aspek Edukasi, Aspek Ekonomis dan Aspek Rekreasi
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Apr 2021 09:26
Last Modified: 14 Apr 2021 09:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23735

Actions (login required)

View Item View Item