PENERAPAN TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF KOPHI YOGYAKARTA DALAM KAMPANYE PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK

KLAAS, STEPHANIE MIRANDA (2019) PENERAPAN TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF KOPHI YOGYAKARTA DALAM KAMPANYE PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
KOM 005606.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM 105606.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
KOM 205606.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
KOM 305606.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM 405606.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Sampah plastik adalah salah satu dari sekian banyak sampah yang paling banyak ditemukan dan menjadi sumber pencemaran lingkungan hidup. Indonesia tercatat sebagai negara nomor dua penghasil sampah plastik di dunia, setelah Tiongkok. Persoalan sampah plastik bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja tetapi perlu kerja sama dengan masyarakat dan komunitas peduli lingkungan. Salah satu komunitas peduli lingkungan yang ada di Yogyakarta adalah Koalisi Pemuda Hijau Indonesia atau Kophi menjadi penggerak generasi muda untuk berkontribusi nyata dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan.Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Kophi Yogya adalah melakukan kampanye. Kesuksesan sebuah kampanye tidak lepas dari komunikasi persuasif yang bersifat mengajak agar masyarakat memahami dan mau merubah sikap sesuai dengan tujuan dari kampanye yang dilakukan. Agar pesan dari kampanye bisa tersampaikan, maka ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh komunikator yaitu teknik-teknik komunikasi persuasif. Ada lima teknik komunikasi persuasif yaitu teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan dan teknik red-herring.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana peneliti menyajikan dan mendeskripsikan data primer dari hasil wawancara dan hasil pencarian data-data sekunder dari dokumentasi untuk dapat memberikan gambaran yang lengkap mengenai teknik komunikasi persuasif Kophi Yogya dalam kampanye pengurangan sampah plastik. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kophi Yogya menggunakan beberapa teknik komunikasi persuasif pada saat kampanye pengurangan sampah plastik.Teknik yang dominan digunakan ada dua yaitu teknik asosiasi dan teknik ganjaran. Sedangkan, teknik yang tidak dominan adalah teknik red-herring. Tujuan dari teknik komunikasi persuasif yang digunakan adalah agar pesan dari kampanye yang dilakukan oleh Kophi Yogya bisa tersampaikan dengan baik dan dipahami oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif, kampanye
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Apr 2021 11:34
Last Modified: 14 Apr 2021 11:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23736

Actions (login required)

View Item View Item