KONSEP FEMINISME MENURUT PRAKTISI PUBLIC RELATIONS PERHOTELAN DI BALIKPAPAN (Studi Kasus Pada Praktisi Public Relations Hotel Bintang Lima di Balikpapan)

SIREGAR, MELLINDA LASTY CAROLINE (2011) KONSEP FEMINISME MENURUT PRAKTISI PUBLIC RELATIONS PERHOTELAN DI BALIKPAPAN (Studi Kasus Pada Praktisi Public Relations Hotel Bintang Lima di Balikpapan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03207.pdf

Download (746Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03207.pdf

Download (161Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03207.pdf

Download (79Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03207.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03207.pdf

Download (133Kb)

Abstract

Praktisi PR yang didominasi perempuan paling besar dapat ditemui di perhotelan. Pada umumnya perhotelan di Balikpapan mempekerjakan perempuan sebagai Public Relations Officer. Melihat hal tersebut penulis tertarik untuk lebih jauh meneliti fenomena yang terjadi, penulis juga ingin mengetahui bagaimana konsep feminism pada praktisi PR itu sendiri terhadap profesinya sebagai praktisi PR. Alasan paling umum dikemukakan untuk 'feminisasi PR' menurut Greg Smith adalah PR dianggap sebagai pilihan karier yang glamour, lembut dan yang paling popular adalah bahwa perempuan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui peran PR dan profesionalisme praktisi PR perhotelan yang dihubungkan dengan konsep feminisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study), penelitian studi kasus ini merupakan penelitian tentang konsep feminisme menurut praktisi PR hotel bintang lima di Balikpapan. Dalam konsep feminisme terdapat gaya komunikasi, karakteristik komunikasi feminin dan nilai perempuan yang diteliti oleh penulis. Selanjutnya penulis juga menganalisis apa saja peran PR yang dijalankan oleh para praktisi, dan juga meneliti profesionalisme praktisi PR hotel bintang lima Balikpapan. Pada akhirnya, konsep feminisme yang dimiliki oleh para praktisi PR hotel bintang lima Balikpapan yaitu dalam hal gaya komunikasi praktisi mendengarkan dan menanggapi lawan bicaranya, memberikan ekspresi ramah dan hangat (senyum), memberikan kesan yang positif terhadap klien atau tamu dan menatap mata lawan bicara. Dalam karakteristik komunikasi feminin terdapat ciri perempuan yaitu obyektif, intuitif, membutuhkan orang lain, sopan dan setia. Sedangkan untuk nilai perempuan yang dimiliki adalah harmoni, kesetiaan, enjoyment, tanggung jawab dan relationship. Sehingga dapat dikatakan bahwa gaya komunikasi, karakteristik komunikasi feminine dan nilai perempuan yang terdapat didalam diri praktisi mendukung mereka dalam menjalankan peran sebagai PR hotel. Selanjutnya peran PR yang dijalankan oleh praktisi PR hotel bintang lima di Balikpapan adalah teknisi komunikasi dan fasilitator komunikasi. Sedangkan untuk profesionalisme PR, dapat dikatakan para praktisi PR hotel tersebut belum paham mengenai apa itu profesionalisme PR, karena mereka lebih mengerti mengenai profesionalisme secara umum.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Karakteristik Komunikasi Feminin, Nilai Perempuan, Peran PR, Profesionalisme PR
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Jun 2013 13:03
Last Modified: 20 Jun 2013 13:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2378

Actions (login required)

View Item View Item