LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR BANDARA EKSEKUTIF KLUNGKUNG DI BALI DENGAN PERPADUAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN DAN TRIHITA KARANA

LARASAT, GHANIA UKASYAH (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR BANDARA EKSEKUTIF KLUNGKUNG DI BALI DENGAN PERPADUAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN DAN TRIHITA KARANA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 015506.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA 115506.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA 215506.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA 315506.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA 415506.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (BAB IV)
TA 515506.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA 615506.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bali merupakan kota destinasi wisata yang sangat diminati baik oleh turis domestik maupun mancanegara, ditinjau dari jumlah penumpang keberangkatan dan kedatangan angkutan udara. Keanekaragaman destinasi yang dimiliki Bali mencakup keindahan alam, keunikan adat dan budaya, serta fasilitas-fasilitas entertainmen yang didukung oleh fasilitas/sarana prasana yang mendukung dan keramahtamahan masyarakat. Kondisi tersebut juga menarik minat pergerakan aktivitas bisnis MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) yang diselenggarakan di Bali, baik dari domestik maupun internasional). Tidak sedikit acara-acara tingkat tinggi atau kenegaraan yang bertempat di Bali. Hal tersebut berpengaruh terhadap jumlah penerbangan, penumpang, dan operasional bandara karena peserta dari acara-acara tersebut umumnya menggunakan pesawat pribadi dan atau kenegaraan. Sehingga penerbangan pribadi sangat berdampak langsung pada penerbangan komersial dan operasional bandara. Besarnya angka kedatangan dan keberangkatan penerbagan di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada situasi normal pada umumnya, terbilang cukup tinggi, apalagi jika ada acara-acara besar yang sedang dihelat di Bali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bandara di Bali saat ini kurang dapat mengakomodir kebutuhan penerbangan pribadi atau eksekutif tanpa menganggu operasional penerbangan komersial yang ada. Bersamaan dengan itu, penerbangan eksekutif tentunya membutuhkan bandara dan fasilitas eksekuif untuk mengakomodir kebutuhan pengguna jasa kelas atas. Dalam rancangan bandara eksekuti, menggunakan arsitektur modern dan nilai kearifan lokal masyarakat Bali yakni trihita karana. Untuk dapat mengakomodir dan mendukung nilai-nilai eksekutif dari bandara, konsep dan karakterisrik hospitality atau keramahtamahan juga diaplikasikan. Dari ketiga aspek penekanan tersebut, didapatkan karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan bandara eksekuti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MICE, bandara, penerbangan eksekutif, arsitektur modern, filosofi trihita karana, hospitality.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2021 10:46
Last Modified: 23 Apr 2021 10:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23810

Actions (login required)

View Item View Item