PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP TOOLS KOMUNIKASI PEMASARAN RITEL (Studi Deskriptif Mengenai Persepsi Konsumen Terhadap Tools Komunikasi Pemasaran Alfamart dan Indomaret di Wilayah Babarsari)

Susanti, Lili (2011) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP TOOLS KOMUNIKASI PEMASARAN RITEL (Studi Deskriptif Mengenai Persepsi Konsumen Terhadap Tools Komunikasi Pemasaran Alfamart dan Indomaret di Wilayah Babarsari). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03242.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03242.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03242.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03242.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03242.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mencukupi kebutuhan merupakan cara yang digunakan untuk melangsungkan kehidupan. Kebutuhan memunculkan permintaan dan mendorong terjadinya penawaran yang pada akhirnya menciptakan suatu kegiatan ekonomi. Aktivitas Jual Beli merupakan salah satu kegiatan ekonomi, dimana pasar merupakan sarana pendukung. Terdapat dua jenis pasar sesuai dengan sarana, fasilitas dan pengelolan yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Ritel merupakan bagian dari pasar modern dan minimarket merupakan tipe dari rotel modern. Alfamart dan Indomaret merupakan dua pemain besar minimarket di Indonesia. Tahun 2011, jumlah gerai Alfamart mencapai 5.612 dan Indomaret sebanyak 4.955 gerai yang tersebar di Pulai Jawa, Bali dan Sumatra. Kedekatan dan persamaan bauran pemasaran antara Alfamart dan Indomaret terlihat dari komponen place, product, place dan promotion. Promotion merupakan salah satu komponen 4P dari bauran pemasaran yang diteliti. Peneliti memilih topik tersebut karena adanya fenomena persamaan bentuk komunikasi pemasaran sebagai sarana berpromosi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja tools komunikasi pemasaran dari Alfamart dan Indomaret serta mengetahui persepsi konsumen dari tools komunikasi Alfamart dan Indomaret. Persepsi sendiri terdiri dari tiga tahap, seleksi perseptual, organisasi dan intepretasi. Penulis mencoba membahas dan meneliti mengenai persepsi konsumen teerhada tools komunikasi pemasaran ritel dengan judul penelitian “Persepsi Konsumen Terhadap Tools Komunikasi Pemasaran Ritel”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif untuk memaparkan persepsi dari konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara, temuan data kualitatif tersebut kemudian dianalisis berdasarkan teori. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bentuk komunikasi Alfamart lebih banyak diaplikasikan pada publikasi dan penjualan langsung, dan bentuk komunikasi pemasaran Indomaret dengan iklan. Persepsi dari konsumen Alfamart menyatakan keseluruhan bentuk komunikasi pemasaran Alfamart merupakan usaha yang giat dan positif untuk memberikan informasi kepada konsumen. Persepsi konsumen Indomaret menyatakan keseluruhan bentuk komunikasi pemasaran Indomaret menjadi komunikasi yang komunikatif dan menjadi strategi beriklan yang bagus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Komunikasi Pemasaran, Alfamart, Indomaret
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2013 08:20
Last Modified: 21 Jun 2013 08:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item