ANALISIS ISI PEMBERITAAN SURAT KABAR TENTANG PROSES GO PUBLIC GARUDA INDONESIA PERIODE 1 NOVEMBER 2010 – 30 MARET 2011

AMBARTYAS, REGINA (2011) ANALISIS ISI PEMBERITAAN SURAT KABAR TENTANG PROSES GO PUBLIC GARUDA INDONESIA PERIODE 1 NOVEMBER 2010 – 30 MARET 2011. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03270.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03270.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03270.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03270.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
5KOM03270.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Isi dari pemberitaan suatu media merupakan dasar dari efek media, studi dari isi media dapat membantu perusahaan atau organisasi memprediksi efek pada publiknya. berita menyediakan peringatan mengenai ancaman terdekat dan bahaya dalam dunia. Dengan kata lain, isi media dapat digunakan sebagai early warning (peringatan awal) bagi suatu organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecenderungan pemberitaan dilihat dari kategori isi, kategori penampilan fisik dan isu-isu utama yang ditampilkan, yang dimuat di surat kabar berkaitan dengan proses go public Garuda Indonesia dan selanjutnya akan di analisis keterkaitannya dengan konsep kehumasan. Metode penelitian ini bertumpu pada analisis isi kuantitatif, dimana peneliti melakukan penelitian yang dimulai dengan analisis dari berbagai data yang terhimpun dari suatu penelitian, kemudian bergerak kearah kategorisasi atau ciriciri umum. Hasil penelitian dibuat kedalam distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Distribusi frekuensi untuk membantu peneliti untuk mengetahui bagaimana distribusi frekuensi dari data penelitian. Tabulasi silang dilakukan untuk melihat keterkaitan tiap kategori baik kategori fisik maupun isi pemberitaan dengan isu-isu utama yang diangkat. Hasil tersebut dibangun dari seperangkat kategori berdasarkan sejumlah kriteria dalam melakukan analisis isi berita yang telah dikombinasikan. Ada enam kategori yang digunakan peneliti untuk melihat kecenderungan pemberitaan terkait proses go public Garuda Indonesia. Kategori tersebut adalah isu-isu utama, ukuran berita, posisi berita, bentuk berita, arah opini, dan narasumber. Dalam penelitian ini menggunakan item berita dari surat kabar Bisnis Indonesia dan Kompas, selama periode 1 November 2010- 30 Maret 2011 terdapat 64 berita terkait proses go public Garuda Indonesia. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, surat kabar cenderung mengangkat isu mengenai stabilitas perusahaan (stability). Untuk ukuran 23- 32 paragraf (panjang), posisi di halaman depan, dengan bentuk berita straight news mayoritas mengangkat isu terkait stabilitas perusahaan. Hal ini dapat dimaknai, isu stabilitas terkait proses go public Garuda Indonesia merupakan isu yang di agendakan sebagai isu penting dan perlu segera diketahui publik oleh media.Namun arah opininya cenderung unfavorable (tidak mendukung, negatif) berarti media secara eksplisit maupun implisit memberitakan posisi perusahaan Garuda Indonesia terhadap resiko kurang baik. Media cenderung memberitakan Garuda Indonesia memiliki resiko, jika investor hendak berinvestasi.Hasil dari penelitian ini (analisis isi) dapat digunakan sebagai early warning (peringatan awal) bagi Garuda Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Agenda Setting, Proses Go Public, Pemberitaan
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2013 08:29
Last Modified: 21 Jun 2013 08:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item