KOMPETISI PROGRAM BERITA SORE PADA STASIUN TELEVISI NASIONAL (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Kompetisi Program Berita Sore pada Stasiun Televisi Nasional Berdasar Post Hoc Positioning dengan Menggunakan Perceptual Mapping pada Pria Dewasa di Kompleks Perumahan Harapan Kita Karawaci Tangerang)

Wiharsi, Cecilia Gandes Purbandini (2011) KOMPETISI PROGRAM BERITA SORE PADA STASIUN TELEVISI NASIONAL (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Kompetisi Program Berita Sore pada Stasiun Televisi Nasional Berdasar Post Hoc Positioning dengan Menggunakan Perceptual Mapping pada Pria Dewasa di Kompleks Perumahan Harapan Kita Karawaci Tangerang). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03273.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03273.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03273.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03273.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03273.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai kompetisi program berita sore pada stasiun televisi nasional berdasar post hoc positioning dengan menggunakan perceptual mapping pada pria dewasa di Kompleks Perumahan Harapan Kita, Karawaci- Tangerang. Obyek dalam penelitian ini adalah program Berita Megapolitan, Seputar Indonesia, Liputan 6 Petang, Topik Petang, Berita Global, Lintas Petang, Reportase Sore, Metro Hari Ini, Kabar Petang, Fokus, dan Redaksi Sore. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2011 dengan 197 responden. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menyebar kuesioner yang menggunakan skala semantic differential. Peneliti juga menggunakan Analisis Faktor dan Multidimensional Scaling dalam mengolah data sehingga kesembilan atribut yang digunakan dapat dimampatkan menjadi tiga dimensi. Dihasilkan bahwa program Metro Hari Ini cenderung menonjolkan dimensi pertama, yaitu atribut kualitas program berita, di mata audience. Dimensi kualitas program berita terdiri dari atribut pemenuhan kebutuhan informasi audience, kesesuaian isi berita, kecepatan informasi, tingkat kepercayaan audience terhadap isi berita, partisipasi audience terhadap penyajian berita, kehandalan stasiun televisi dalam memilih narasumber, dan reputasi stasiun televisi yang menayangkan program berita sore. Posisi program Berita Megapolitan, Berita Global, Lintas Petang, Fokus, Topik Petang, Liputan 6 Petang, Seputar Indonesia, Reportase Sore, dan Redaksi Sore cenderung berada di dalam dimensi 2, yaitu menonjolkan atribut kepentingan politik di mata audience. Sedangkan posisi Kabar Petang, cenderung berada di dimensi 3, yaitu menonjolkan atribut penampilan fisik presenter di mata audience.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Post hoc positioning, program berita sore, kompetisi, persepsi, perceptual mapping
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2013 08:31
Last Modified: 21 Jun 2013 08:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2387

Actions (login required)

View Item View Item