PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA TOKO BANGUNAN BERKAT CILACAP

SETIAWAN, EVAN ADI (2020) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA TOKO BANGUNAN BERKAT CILACAP. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TI 008420.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI 108420.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI 208420.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TI 308420.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TI 408420.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text (BAB V)
TI 508420.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI 608420.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Semakin banyak keluar masuk barang di suatu toko retail, maka keuntungan yang didapatkan oleh toko retail tersebut makin banyak juga. Namun jika dilihat dari sisi pencatatan gudang, makin banyak jumlah keluar masuk barang, karyawan juga tidak boleh lupa untuk menuliskan jumlah barang masuk di kartu gudang setiap mengambil atau memasukkan barang ke etalase barang. Jika karyawan lupa menulis jumlah barang di kartu gudang saat mengeluarkan barang,hal itu menimbulkan permasalahan yakni kesalahan informasi tentang jumlah persediaan barang. Permasalahan tersebut yang sekarang dialami oleh Toko Bangunan Berkat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya pembuatan aplikasi persediaan barang yang bisa memperlihatkan jumlah persediaan barang secara akurat dan cepat. Toko Bangunan Berkat juga diberikan saran oleh pengawas pajak agar menggunakan sistem aplikasi untuk membantu operasionalnya. Penelitian ini melakukan Perancangan sistem informasi yang dibatasi oleh level penelitian pada tingkat Transaction Processing System (TPS), dan pembuatan aplikasi menggunakan software Microsoft visual Basic 6.0 dengan database Microsoft Accses. Peneltian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang memiliki beberapa tahapan yakni analisis, perancangan hingga implementasi. Langkah pertama yang dilakukan adalah menganalisis proses bisnis Toko Bangunan Berkatdan memberikan usulan perbaikan terhadap proses bisnis itu. Langkah berikutnya memberikan usulan Perancangan sistem informasi kepada pemilik toko. Perancangan aplikasi dilakukan dengan mengidentifikasi aliran data, dan hubungan yang terjadi antar entitas dengan pembuatan Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD) serta Database. Setelah aplikasi selesai dibuat baru dilakukan implementasi.Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dengan menggunakan aplikasi sistem persediaan yang selesai dibuat,admin Toko Bangunan Berkat dapat mengetahui jumlah persedian barang dengan benar dan cepat sehingga mengurangi aktivitas manual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Transaction Processing System, System Development Life Cycle, Aplikasi berbasis komputer.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 May 2021 11:45
Last Modified: 05 May 2021 11:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item View Item