MOTIVASI PENYIAR BERITA BEKERJA DI RADIO GAPURA KLEWER 97.3 FM SURAKARTA

Setyaningsih, Erlin (2011) MOTIVASI PENYIAR BERITA BEKERJA DI RADIO GAPURA KLEWER 97.3 FM SURAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03289.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03289.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM03289.pdf

Download (967kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM03289.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03289.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Radio komunitas berbeda dengan radio komersial maupun radio publik dalam pengelolaannya. Radio komunitas memiliki keterbatasan dalam memperoleh sumber dana. Hal tersebut diatur dalam UU. Penyiaran No.32 Th 2002 tentang penyiaran yang menyebutkan bahwa radio komunitas tidak diperbolehkan beriklan, berbeda dengan radio komersial yang sumber dananya bisa diperoleh dari iklan dan sponsor. Radio komunitas juga tidak jarang mengalami keterbatasan dalam memperoleh SDM (Sumber Daya Manusia). Dalam sebuah radio komunitas, kebutuhan SDM menjadi kebutuhan pokok, partisipasi komunitas menjadi kunci hidup matinya sebuag radio komunitas. Salah satu partisipasi komunitas dalam sebuah radio komunitas adalah penyiar. Oleh karena itu peneliti tertarik melihat motivasi penyiar berita bekerja di radio komunitas. Hal ini sangat penting karena peran penyiar dalam sebuah radio juga merupakan salah satu bagian yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah radio komunitas. Pada penelitian ini peneliti melakukan analisis dari hasil pengumpulan data melalui wawancara dengan penyiar radio Gapura Klewer. Selain itu, peneliti juga menemukan hal-hal unik disamping untuk menemukan motivasi penyiar radio, yaitu partisipasi komunitasnya dan penerapan prinsip radio komunitas dalam radio Gapura Klewer. Analisis motivasi pada penelitian ini menggunakan relevansi dari teori komunikasi partisipatif serta teori motivasi David McClenlland. Hasil penelitian ini motivasi penyiar bekerja di radio Gapura Klewer untuk memenuhi kebutuhan akan afiliasi dan kebutuhan akan prestasi. Kebutuhan akanafiliasi muncul untuk berinteraksi langsung dengan pendengar, memperoleh respon langsung dari pendengar. Kebutuhan prestasi muncul untuk memperoleh tambahan penghasilan setiap bulannya, bonus setiap bulannya ketika memperoleh iklan, jaringan pekerjaan tambahan (freelance) yang diperoleh dari pedagang pasar. Namun, dalam pengelolaannya tidak ada partisipasi secara langsung dari komunitas pasar Klewer. Komunitas di pasar Klewer hanya berperan sebagai pendengar, dan tergolong sebagai partisipasi pasif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Radio komunitas, motivasi, komunikasi partisipatif
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2013 08:36
Last Modified: 21 Jun 2013 08:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item