STRATEGI BRANDING KELOMPOK MUSIK HIVI! DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI MUSIK (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Branding oleh Kelompok Musik HIVI! dalam Menghadapi Persaingan Industri Musik)

ALFAMONKA, BILLY YOSUA (2019) STRATEGI BRANDING KELOMPOK MUSIK HIVI! DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI MUSIK (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Branding oleh Kelompok Musik HIVI! dalam Menghadapi Persaingan Industri Musik). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
KOM 005035.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM 105035.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
KOM 205035.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
KOM 305035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM 405035.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Industri musik di Indonesia begitu berkembang dengan hadirnya musisi�musisi baru, baik solo maupun kelompok sehingga membuat persaingan semakin ketat. Perkembangan industri musik juga dibarengi dengan berkembangnya new media yang berbasis internet, yang ternyata dimanfaatkan oleh para musisi muda untuk menampilkan bakat bermusiknya. Tidak hanya dari segi jumlah musisi, genre atau aliran musik juga turut tumbuh berkemmbang,sepertipop,rock,metal/hardcore, jazz, dance/elektronik dan lain-lain. Begitu ketatnya persaingan kemudian membuat setiap musisi harus pintar dalam beradaptasi agar dapat bertahan di industri musik, salah satunya adalah dengan branding.Salah satu band pop Indonesia yang sudah berkarir sejak tahun 2009 adalah HIVI!. Agar dapat bertahan dan tetap bersaing di industri musik tanah air, HIVI! melakukan aktivitas branding layaknya sebuah merek yang ditujukan kepada para pecinta musik Indonesia. Oleh karena itu, topik penelitian ini adalah mengenai strategi branding yang dilakukan oleh HIVI!. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam terhadap 4 narasumber yang terlibat dalam proses branding di HIVI!. Artikel di internet dan foto dokumentasi dari Instagram HIVI! menjadi data pendukung dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebuah band perlu adanya branding agar dapat bertahan di industri musik. Dalam strategi branding yang dilakukan, HIVI!, selalu berdasarkan pada empat nilai utama yang HIVI! ciptakan sendiri yaitu nasionalis, inklusif, positif dan peduli. Keempat nilai utama tersebut kemudian menjadi dasar atas perencanaan dan implementasi brand positioning, brand communcation dan brand equity dari HIVI!. Nilai inklusif menjadi nilai yang berpengaruh dan sangat kuat dalam strategi branding HIVI! karena tidak adanya batasan antara penggemar dengan para personelnya. Nilai inklusif ini dimanfaatkan untuk membangun hubungan emosional yang lebih dalam dan menciptakan loyalitas dari para penggemar. Selain itu, aksi dan kontribusi dari HIVI! di masyarakat serta negara juga turut andil dalam strategi branding yang dilakukan, visehingga citra yang terbangun tidak hanya sebagai anak muda yang main musik saja namun juga anak muda yang peduli terhadap sesama manusia dan lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: HIVI!, musik, branding, industry music
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 May 2021 13:51
Last Modified: 07 May 2021 13:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23928

Actions (login required)

View Item View Item