ANALISIS PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 39 TAHUN 1999 TENTANG HAK ASASI MANUSIA TERHADAP DISKRIMINASI LGBT DI INDONESIA DIKAITKAN DENGAN PRINSIP HAK ASASI MANUSIA INTERNASIONAL

Larasati, Charisma Anggun Putri (2021) ANALISIS PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 39 TAHUN 1999 TENTANG HAK ASASI MANUSIA TERHADAP DISKRIMINASI LGBT DI INDONESIA DIKAITKAN DENGAN PRINSIP HAK ASASI MANUSIA INTERNASIONAL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Charisma Anggun Putri Larasati)
16 05 12389 1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
16 05 12389 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki berbagai keanekaragaman budaya. Salah satunya budaya yang masuk dan berkembang di Indonesia adalah budaya LGBT, hal ini beserta problematikanya, cukup gempar diperbincangkan. Baik dari sisi moral, agama bahkan sampai ke ranah hukum. Indonesia belum memiliki aturan perundang-undangan yang khusus mengatur mengenai LGBT, baik dalam hal perlindungan maupun pelarangan keberadaan LGBT itu sendiri, dari hal itu muncul bentuk-bentuk diskriminasi terhadap kelompok LGBT. Terjadinya pelanggaran hak terhadap kelompok atau individual LGBT dimulai dari penilaian bahwa LGBT merupakan suatu penyimpangan yang harus ditiadakan, tanpa memandang bahwa kelompok atau individual LGBT tersebut, juga merupakan manusia dan warga negara. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian normatif, dimana penulis berupaya untuk memaparkan sistem perlindungan hukum yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam mengatasi kasus-kasus yang melibatkan kelompok LGBT di Indonesia sebagai warga Negara yang sah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemerintah Indonesia dalam perlindungan terhadap LGBT masih mengalami kendala, hal yang dapat di lakukan oleh Pemerintah Indonesia adalah dengan mengacu kepada instrumen HAM yang berlaku di Indonesia, dan mengacu bahwa terlepas dari orientasi serta perilaku dari kelompok LGBT, mereka tetaplah warga Negara Indonesia yang sah, dan mereka tetaplah dibagi menjadi laki-laki dan perempuan secara umum. Karena bentuk diskriminasi sekecil apapun dan terhadap siapapun tidak dapat dibenarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LGBT, Hak Asasi Manusia, Diskriminasi, Perlindungan Hukum
Subjects: Ilmu Hukum > Hubungan Internasional
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 May 2021 11:18
Last Modified: 25 Sep 2021 13:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23961

Actions (login required)

View Item View Item