MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS JOGJA GALLERY UNTUK MEMBENTUK CITRA KOTA YOGYAKARTA SEBAGAI KOTA PARIWISATA

Dewi, Riantika (2011) MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS JOGJA GALLERY UNTUK MEMBENTUK CITRA KOTA YOGYAKARTA SEBAGAI KOTA PARIWISATA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03351.pdf

Download (359Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03351.pdf

Download (228Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03351.pdf

Download (91Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03351.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03351.pdf

Download (71Kb)

Abstract

Public Relations membantu organisasinya untuk membangun citra atau nama baik, dengan cara membangun hubungan yang positif dengan publiknya. Public Relations memiliki fungsi membangun hubungan dan menciptakan komunikasi agar tercipta pemahaman terkait aturan antara publik dan organisasi. Hal tersebut dilakukan agar citra organisasi terbentuk dengan baik dalam jangka waktu yang panjang. Dalam penelitian ini memaparkan hasil penemuan data di lapangan terkait dengan tahapan- tahapan manajemen Public Relations Jogja Gallery untuk membentuk citra kota Yogyakarta sebagai kota pariwisata. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan analisis data sekunder (leaflet, press relase, buku kesan dan pesan). Dari hasil data yang ditemukan, Public Relations Jogja Gallery memiliki konsep pariwisata yaitu keterkaitan antara wisatawan yang melakukan perjalanan wisata ke obyek wisata yang memiliki daya tarik. Obyek wisata tersebut memberikan fasilitas kepada wisatawan. Jogja Gallery juga memiliki konsep Public Relations pariwisata yaitu Public Relations yang memiliki kekhasan melayani publik dengan keramahan, serta selalu menemani pengunjung yang datang untuk mengelilingi seluruh ruang pamer sambil menerangkan tema pameran yang sedang berlangsung. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa terimakasih dan penghargaan kepada pengunjung yang datang menyaksikan pameran. Tahapan manajemen yang dilakukan oleh Public Relations Jogja Gallery terdiri dari riset formal yaitu analisis isi kliping berita, riset informal yaitu pemantauan informasi melalui facebook, website, dan e-mail, serta penyimpanan dokumen. Tahapan perencanaan terdiri dari penetapan tujuan yaitu membentuk citra Yogyakarta sebagai kota pariwisata melalui program pameran, publikasi media, perencanaan anggaran. Tahapan aksi dan komunikasi yaitu menjalin hubungan dengan publik yang terdiri dari kolektor, pengunjung, karyawan, komunitas, kolektor dan media. Public Relations juga membuat communication kita yang terdiri dari poster, katalog, leaflet). Tahapan evaluasi yang dilakukan adalah summative evaluation atau evaluasi secara total mulai dari persiapan pembukaan pameran, pembukaan pameran, pelaksanaan pameran hingga usai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen,Citra,Pariwisata
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2013 09:14
Last Modified: 21 Jun 2013 09:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2400

Actions (login required)

View Item View Item