SIREGAR, DANIEL RAMANDA PANDUWIBAWA (2011) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM UPAYA MENDUKUNG TRANSPARANSI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus Tentang Transparansi PT. Unilever Indonesia, Tbk.). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03414.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03414.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM03414.pdf Download (527kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM03414.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03414.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Transparansi merupakan salah satu prinsip pendukung terlaksananya suatu tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Prinsip transparansi bisa diartikan sebagai keterbukaan informasi korporat. Dalam hal ini, Good Corporate Governance (GCG) merupakan suatu sistem pengendali manajemen internal, yang didalamnya mengatur pola hubungan antara Pemegang Saham, Stakeholder, dan pihak – pihak terkiat lainnya. GCG menjadi salah satu procedural yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan go public sebagai wujud kepatuhan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. GCG diwujudkan melalui 5 pilar utama. Transparansi ini menjadi fokus utama, ketika praktik pelaksanaan GCG ini penting untuk diinformasikan kepada seluruh pemangku kepentingan. Pada pelaksanaannya, Unilever merancang suatu strategi komunikasi yang dapat mengoptimalkan proses penyebaran informasi tersebut. Strategi komunikasi PT. Unilever Indonesia dalam pelaksanaan prinsip transparansi ini adalah Strategi Aliran Informasi Terbuka. Strategi ini merupakan suatu manajemen informasi yang dirancang melalui hasil evaluasi perusahaan tahun 2010, dikombinasikan dengan perumusan misi dan tujuan strategis Unilever pada tahun 2011, dan tahapan – tahapan pemilihan strategi seperti rancangan pesan, pengenalan khalayak, media, dan peranan komunikator. Strategi ini merupakan strategi komunikasi dengan memanfaatkan media, yakni media korporat dan juga media eksternal dalam melaksanakan kegiatan transparansi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus. Adapun instrumen yang digunakan adalah wawancara, dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kunci kepada narasumber, yang kemudian jawaban – jawaban tersebut diinterpretasikan menjadi data – data primer. Pada akhirnya, upaya transparansi GCG ini akan memberikan pengaruh positif kepada perusahaan, yakni reputasi perusahaan yang semakin baik dimata stakeholder maupun dunia bisnis. Hal ini akan semakin menguatkan kualitas serta aspek kompetitif perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transparansi, GCG, Strategi komunikasi, Media, Reputasi |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 21 Jun 2013 09:28 |
Last Modified: | 21 Jun 2013 09:28 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2405 |
Actions (login required)
View Item |