HAKIM, ETA AGHA (2020) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (judul dan abstrak)
TS 014693.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS 114693.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TS 214693.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IIII)
TS 314693.pdf Download (489kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TS 414693.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text (BAB V)
TS 514693.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS 614693.pdf Download (850kB) | Preview |
Abstract
Jalan Taman Siswa merupakan salah satu jalan yang terletak di tengah Kota Yogyakarta, yang ramai dikelilingi oleh sekolah, universitas, restaurant hingga pusat berbelanja. Pada jam-jam tertentu, Jalan Taman siswa dipadati kendaraan roda dua dan roda empat yang mengakibatkan penurunan pelayanan jalan tersebut. Hal ini juga diperkuat dengan banyaknya pengendara yang parkir di badan jalan dan juga keluar masuknya kendaraan yang hendak memasuki wilayah khususnya pada bagian depan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia sampai Butik Yudhistira sehingga menimbulkan kemacetan. Penelitian Ruas Jalan Taman Siswa Yogyakarta dilakukan dengan mengunakan data primer dan data sekunder. Data primer berupa data volume lalu lintas, waktu tempuh kendaraan, geometri jalan dan hambatan samping sedangkan data sekunder berupa data penduduk kota Yogyakarta. Waktu penelitian dilakukan selama 3 hari dengan intensitas waktu mulai pukul 06.00- 08.00 WIB, 12.00-14.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB. Analisis data didasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk mengetahui tingkat kinerja Ruas Jalan Taman Siswa Yogyakarta. Hasil yang didapatkan, kondisi puncak pada hari Sabtu, 5 oktober 2019 pada pukul 16.00-18.00 WIB diperoleh volume arus lalu lintas sebesar 1924,4 smp/jam, kapsitas jalan (C) sebesar 2244,6 smp/jam dan Derajat Kejenuhan (DS) sebesar 0,86. Kecepatan rata-rata sebesar 16,68 km/jam dan kecepatan tertinggi sebesar 26,32 km/jam. Hambatan samping sebesar 512,6 kej/jam dengan kelas kategori tinggi (H). Solusi yang diberikan berupa penghilangan parkir dan pelebaran jalan, kapasitas dasar (C) naik menjadi 2856,38 smp/jam dan penurunan nilai DS menjadi 0,67 serta peningkatan kecepatan arus bebas (FV) menjadi 44,15 km/j.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Teknik Sipil, Kinerja Ruas Jalan, Analisis, Hambatan Samping |
Subjects: | Sipil > Struktur Sipil > Struktur |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 14:02 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 14:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24272 |
Actions (login required)
View Item |