Desain Aplikasi Mobile Gamifikasi untuk pramuka dengan Metode UI/UX

PRAKASA, FEDELIS BRIAN PUTRA (2021) Desain Aplikasi Mobile Gamifikasi untuk pramuka dengan Metode UI/UX. Jurnal Buana Informatika, 12 (1). pp. 58-67. ISSN 2087-2534

[img]
Preview
Text (Fedelis Brian Putra Prakasa)
5JBI_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4JBI_Dewan_Redaksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6JBI_Artikel Desain Aplikasi Mobile.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jumlah anggota pramuka mengalami penurunan dikarenakan kalah bersaing dengan ekstrakurikuler lainnya. Selain itu, mengingat kondisi pandemi saat ini, kegiatan pramuka menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat purwarupa aplikasi mobile pramuka secara daring dan menarik. Penelitian ini menerapkan gamifikasi agar kegiatan pramuka khususnya di sekolah menjadi lebih menarik minat siswa dan lebih menyenangkan. Selain gamifikasi, penelitian ini juga menggunakan metode UI/UX seperti usability testing, A/B testing dan User Experience Questionaire (UEQ). Metode ini digunakan agar hasil desain purwarupa dapat mudah digunakan dan dimengerti oleh pengguna. Penelitian ini menunjukan penerapan gamifikasi di purwarupa ini berhasil. Selain itu, hasil desain yang telah diuji dengan metode UI/UX mendapatkan nilai rerata 2,04 yang termasuk ke dalam kriteria unggul. Berdasar dari hasil penelitian, dapat dikatakan penggunaan gamifikasi membuat kegiatan pramuka lebih menarik. Selain itu, konsep desain aplikasi ini dapat membantu kegiatan pramuka secara daring.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, pramuka, UI/UX.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Jul 2021 19:57
Last Modified: 06 Jul 2021 19:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24277

Actions (login required)

View Item View Item