PRAKASA, FEDELIS BRIAN PUTRA (2021) Desain Aplikasi Mobile Gamifikasi untuk pramuka dengan Metode UI/UX. Jurnal Buana Informatika, 12 (1). pp. 58-67. ISSN 2087-2534
|
Text (Fedelis Brian Putra Prakasa)
5JBI_Daftar_Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4JBI_Dewan_Redaksi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6JBI_Artikel Desain Aplikasi Mobile.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Jumlah anggota pramuka mengalami penurunan dikarenakan kalah bersaing dengan ekstrakurikuler lainnya. Selain itu, mengingat kondisi pandemi saat ini, kegiatan pramuka menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat purwarupa aplikasi mobile pramuka secara daring dan menarik. Penelitian ini menerapkan gamifikasi agar kegiatan pramuka khususnya di sekolah menjadi lebih menarik minat siswa dan lebih menyenangkan. Selain gamifikasi, penelitian ini juga menggunakan metode UI/UX seperti usability testing, A/B testing dan User Experience Questionaire (UEQ). Metode ini digunakan agar hasil desain purwarupa dapat mudah digunakan dan dimengerti oleh pengguna. Penelitian ini menunjukan penerapan gamifikasi di purwarupa ini berhasil. Selain itu, hasil desain yang telah diuji dengan metode UI/UX mendapatkan nilai rerata 2,04 yang termasuk ke dalam kriteria unggul. Berdasar dari hasil penelitian, dapat dikatakan penggunaan gamifikasi membuat kegiatan pramuka lebih menarik. Selain itu, konsep desain aplikasi ini dapat membantu kegiatan pramuka secara daring.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gamifikasi, pramuka, UI/UX. |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 19:57 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 19:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24277 |
Actions (login required)
View Item |