Konstruksi Gender Perempuan dalam Artikel Majalah GADIS (Analisis Semiotik Sosial Artikel pada Rubrik ‘CINTA’ dalam Majalah GADIS Edisi 08 – 11, Bulan Maret – April 2012)

Loe, Grieseldis Krispina (2012) Konstruksi Gender Perempuan dalam Artikel Majalah GADIS (Analisis Semiotik Sosial Artikel pada Rubrik ‘CINTA’ dalam Majalah GADIS Edisi 08 – 11, Bulan Maret – April 2012). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03254.pdf

Download (1710Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03254.pdf

Download (1364Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03254.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03254.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3095Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03254.pdf

Download (4Mb)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi maraknya media massa yang menjadikan remaja perempuan sebagai target konsumennya, di mana usia remaja adalah usia yang labil dan paling mudah dipengaruhi. Remaja adalah masa yang penting dalam siklus hidup individu, yaitu masa individu berusaha untuk mencari jati dirinya melalui proses pendewasaan diri. Dan di usia inilah media masuk ke dalam kehidupan remaja dengan memposisikan diri sebagai teman. Salah satu media massa tersebut adalah majalah GADIS, yang menyajikan berbagai macam informasi seputar dunia remaja, mulai dari tren, tips, hingga masalah percintaan remaja. Informasi ini pun disampaikan dengan gaya bahasa remaja agar lebih menarik dan mudah diterima. Selain membuat remaja menjadi konsumtif karena banyaknya tawaran produk fesyen yang menjadi tolak ukur kepopuleran di kalangan remaja, majalah pun juga membentuk gender yang akan berpengaruh terhadap sikap dan tindakan mereka pada masa yang akan datang. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk melihat konstruksi gender perempuan yang dilakukan oleh majalah GADIS terhadap remaja perempuan sebagai pembacanya. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotika sosial. Objek penelitiannya adalah beberapa artikel dari rubric CINTA yang menjadi rubrik tetap dalam setiap edisi majalah GADIS. Artikel tersebut dianalisa melalui unsur medan wacana, pelibat wacana, dan sarana wacana. Dari penelitian tersebut, kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa majalah GADIS tidak mengkonstruksi, melainkan merekonstruksi gender perempuan terhadap remaja perempuan pembaca majalah tersebut. Redaksi melakukan pendekatan dengan menggunakan kata ‘kita’ untuk menghilangkan jarak antara redaksi dengan pembaca. Di sini dapat dilihat bagaimana majalah terkesan mengangkat derajat perempuan, tetapi ternyata justru menekankan kembali aturan main di dalam masyarakat patriarki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Semiotika sosial, Gender, Remaja, Perempuan, Majalah GADIS
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:15
Last Modified: 01 May 2013 10:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item