PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI SUN ISLAND HOTEL & SPA LEGIAN

Mahendra, I Made Bayu (2020) PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI SUN ISLAND HOTEL & SPA LEGIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (I Made Bayu Mahendra)
15 03 224381.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
15 03 224382.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
15 03 224383.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
15 03 224384.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan faktor penting yang berkontribusi dalam meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memahami variabel-variabel yang signifikan dan positif untuk membantu menciptakan perilaku yang menguntungkan dalam organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh organizational citizenship behaviour terhadap karyawan. Penelitian ini secara khusus menetapkan pengaruh altruisme (altruism) terhadap kinerja karyawan dan pengaruh sopan santun (courtesy) terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di Sun Island Hotel & Spa Legian, dari 77 kuesioner yang dibagikan kepada responden, ada 72 kuesioner yang kembali dan dapat diolah. Data yang didapat dari responden diolah menggunakan software SPSS. Data diolah menggunakan metode purposive sampling. Menggunakan uji validitas dan reliabilitas. menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan organizational citizenship behaviour-altruism (OCB-A) dan organizational citizenship behaviourcourtesy (OCB-C) berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini membantu perusahaan untuk lebih memahami pentingnya dimensidimensi yang ada dalam Organizational Citizhenship Behavior (OCB) dan mengelola peran aktif karyawan sebagai salah satu aset perusahaan yang berharga dan dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: organizational citizenship behaviour-altruism, organizational citizenship behaviour-courtesy, kinerja karyawan.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 20 Jul 2021 19:39
Last Modified: 20 Jul 2021 19:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24359

Actions (login required)

View Item View Item