Perancangan Ulang Tampilan Antarmuka Layanan Pengaduan DISKOMINFO Kota Yogyakarta dengan Metode Human-Centred

Rahmadi, Riza Fahmi (2021) Perancangan Ulang Tampilan Antarmuka Layanan Pengaduan DISKOMINFO Kota Yogyakarta dengan Metode Human-Centred. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Riza Fahmi Rahmadi)
171709396_bab0.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171709396_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
171709396_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
171709396_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
171709396_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
171709396_bab5.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan (UPIK) adalah fasilitas bagi masyarakat Kota Yogyakarta untuk menyampaikan pesan seperti aduan, informasi, pertanyaan, saran demi mengembangkan layanan Pemerintah Kota Yogyakarta dan pembangunan Kota Yogyakarta menjadi lebih baik. UPIK mengembangkan layanannya dengan membangun website untuk memudahkan masyarakat memberikan pesan kepada Pemerintah Kota Yogyakarta, namun website UPIK masih dirasa kurang memuaskan dari segi tampilan antarmuka dan fungsi yang ada. Hasil wawancara mengatakan bahwa UPIK masih memiliki tampilan web yang jadul dan kuno, beberapa halaman tidak memunculkan informasi apapun, dan ada chart yang tidak tampil sehingga permasalahan ini menimbulkan ketidaknyamanan pada pengguna saat mengakses web UPIK. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi dan perancangan ulang desain antarmuka website UPIK dengan menggunakan metode Human-Centred Design (HCD) yang akan dibantu dengan penyebaran penilaian kuesioner WEBUSE dan usability testing. Hasil penilaian kuesioner WEBUSE pada desain lama pada mendapat skor sebesar 0,35 atau masih tergolong Poor, dan ada peningkatan skor yang cukup signifikan pada desain solusi yaitu 0,73 atau masuk dalam kategori Good. Selain perancangan ulang antarmuka, penelitian ini juga menghasilkan kebutuhan sistem fungsional dan non-fungsional, perancangan desain solusi, dan hasil evaluasi desain solusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Human-Centred Design (HCD), Usability Testing, Tampilan Antarmuka, WEBUSE, Perancangan Ulang
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 08 Sep 2021 12:15
Last Modified: 25 Sep 2021 12:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24664

Actions (login required)

View Item View Item