AUTOMATION TESTING APLIKASI MOBILE ACC LEADS MENGGUNAKAN METODE BLACK BOX TESTING DENGAN TEKNIK BOUNDARY VALUE ANALYSIS DAN EQUIVALENCE PARTITIONING

Theresia, Megawati (2021) AUTOMATION TESTING APLIKASI MOBILE ACC LEADS MENGGUNAKAN METODE BLACK BOX TESTING DENGAN TEKNIK BOUNDARY VALUE ANALYSIS DAN EQUIVALENCE PARTITIONING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Megawati Theresia)
171709493_bab0.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171709493_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
171709493_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
171709493_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
171709493_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
171709493_bab5.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

ACC Leads adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Astra Credit Companies (ACC) untuk menunjang kinerja proses bisnis internal perusahaan. Aplikasi ini digunakan oleh sales dari berbagai cabang ACC yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu tahapan yang harus dilalui oleh ACC Leads setelah dikembangkan adalah pengujian yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi tersebut digunakan oleh user. Umumnya, pengujian yang ada pada saat ini lebih berfokus kepada fungsi-fungsi besar ACC Leads sehingga pengujian untuk mengetahui respon aplikasi tersebut saat menerima inputan yang tidak diharapkan, baik berupa tipe data ataupun panjang data yang tidak diharapkan perlu dilakukan. Disisi lain manual testing sendiri membutuhkan waktu lebih lama dari automation testing. Secara keseluruhan, automation testing umumnya lebih efektif dan lebih baik dalam mengungkap kesalahan [1]. Berdasarkan kondisi tersebut, dilakukan sebuah pengujian dengan metode black box testing, khususnya dengan teknik Boundary Value Analysis untuk melihat respon ACC Leads saat menerima inputan dengan panjang yang valid maupun sebaliknya dan Equivalence Partitioning untuk melihat respon ACC Leads saat menerima inputan dengan tipe data yang valid maupun sebaliknya. Pengujian ini memberikan hasil bahwa ACC Leads masih tidak memberikan respon terhadap inputan yang tidak valid sehingga masih perlu dilakukan beberapa perbaikan untuk memperbaiki performance aplikasi ACC Leads.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengujian, Boundary Value Analysis, Equivalence Partitioning, ACC Leads, Automation Testing
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 08 Sep 2021 12:53
Last Modified: 08 Sep 2021 12:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24667

Actions (login required)

View Item View Item