ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP IBADAH ONLINE DI MASA PANDEMI PADA MEDIA TWITTER

Budiyanto, A. Djoko and Sidhi, Thomas Adi Purnomo (2021) ANALISIS SENTIMEN PUBLIK TERHADAP IBADAH ONLINE DI MASA PANDEMI PADA MEDIA TWITTER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (William Sapang Bandhaso)
140708082_bab0.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140708082_bab1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
140708082_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
140708082_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
140708082_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
140708082_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
140708082_bab6.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Kebijakan pemerintah agar pelaksanaan social dan physical distancing semakin diperketat berimbas pada pelaksaan ibadah pada masa pandemi Covid-19. Kesempatan untuk melakukan ibadah seperti bergereja pada hari minggu dan sholat berjamaah di masjid akan mengalami sedikit gangguan, bahkan tidak dapat terlaksana. Karena semakin bertambahnya kasus positif Covid-19 di Indonesia maka pemerintah melakukan tindakan tegas untuk ibadah dilaksanakan secara daring atau melalui media online sosial. Hal ini menimbulkan berbagai sentimen dari masyarakat terkait munculnya Covid-19 di Indonesia melalui media sosial twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sentimen masyarakat di Indonesia terhadap kegiatan ibadah online pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan media sosial twitter sebagai sumber data. Munculnya banyak sentimen pada media sosial twitter mendorong penulis untuk melakukan penelitian analisis sentimen dengan menggunakan metode Sentistrength, dimana analisis sentimen ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan leksikon atau kamus. Dari hasil penelitian ini didapatkan total data bersih sebanyak 95.029 cuitan dengan sentimen positif paling sebesar, sebanyak 51.512 cuitan(54%), sentimen netral sebanyak 35.069 cuitan(37%) dan terakhir sentimen negatif sebanyak 8.448 cuitan(9%). Hal ini menggambarkan bahwa masyarakat di Indonesia khususnya pengguna twitter tidak atau belum merasa resah terhadap kegiatan ibadah online dan tetap mendukung kegiatan ini selama masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Sentistrength, Twitter
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 10 Sep 2021 12:08
Last Modified: 10 Sep 2021 12:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24695

Actions (login required)

View Item View Item