Kevin, Nicholas (2021) APLIKASI MOBILE PENJUALAN TOKO ONLINE STUDI KASUS STARTUP MERKHA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Nicholas Kevin)
170709142_bab0.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
170709142_bab1.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
170709142_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text
170709142_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text
170709142_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
170709142_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
170709142_bab6.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Internet dan media sosial telah membuka banyak peluang baru dalam aspek keseharian kita pada masa kini. Berkomunikasi antar sesama menjadi lebih mudah dan cepat tanpa batasan waktu dan tempat. Kemudahan berkomunikasi terjadi dalam hal komunikasi interpersonal maupun komunikasi dalam pemasaran didunia bisnis. Penggunaan teknologi juga harapannya dapat memberikan banyak manfaat untuk menunjang komunikasi dalam berbisnis [1]. Pelaku bisnis industri kecil, menengah, dan besar semakin dipacu untuk menggunakan teknologi yang maju agar dapat tetap survive untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat tiap harinya. Oleh karena itu, teknologi dalam bisnis berperan sangat penting. Salah satu jenis penerapan teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dengan kompetitor salah satu caranya dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) sebagai media pemasaran produk atau jasa dalam bentuk digital ataupun fisik. E-commerce juga merupakan sekumpulan teknologi yang menghubungkan aplikasi dan bisnis untuk perusahaan atau perseorangan sebagai pengguna untuk melakukan transaksi elektronik, tukar tambah barang, dan berbagi informasi melalui internet atau jaringan lainnya. Berbagai e-commerce sebagai tempat jual beli dapat dengan mudah diakses oleh berbagai pihak dari mana saja. Penjualan menggunakan e-commerce dapat menjadi pilihan dalam pemasaran produk. Di Indonesia saja sudah banyak e-commerce lokal yang menjual barang dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan khusus contohnya tokopedia.com, bukalapak.com, shopee.com, dan lain-lain. Selain melalui e-commerce, pemasaran produk secara lokal juga dapat melalui website dan media sosial dari masingmasing penjual. Dengan adanya website dan media sosial penjual tidak perlu membuat toko konvensional yang membutuhkan modal besar untuk membuatnya, dan hanya perlu menjajakan produk-produk melalui website atau media sosial tersebut. Pembeli dari berbagai daerah bahkan bisa mengakses dan bertransaksi jual-beli secara langsung dengan penjual tanpa perlu datang ke lokasi jual. Dengan kemudahan pemasaran produk tesebut, saat ini banyak produk-produk yang dapat dibeli di e-commerce dengan mudah mulai dari produk lokal hingga internasional. Akan tetapi, produk impor dari luar negeri lebih dominan terpampang di ecommerce Indonesia. Jadi dibutuhkan e-commerce sendiri yang menjual produkproduk lokal agar tidak bercampur dengan produk impor. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuatlah aplikasi mobile e-commerce khusus dengan nama Merkha sebagai aplikasi User App untuk pengguna dapat bertransaksi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-commerce, startup, mobile, produk lokal, flutter |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 13:44 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 13:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24704 |
Actions (login required)
View Item |