PENGGUNAAN TEXT MINING UNTUK ANALISIS ASPEK KEPUASAN DAN KETIDAKPUASAN PADA REVIEW ONLINE PELANGGAN RESTORAN

Aditama, Anselmus Anggit (2021) PENGGUNAAN TEXT MINING UNTUK ANALISIS ASPEK KEPUASAN DAN KETIDAKPUASAN PADA REVIEW ONLINE PELANGGAN RESTORAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Anselmus Anggit Aditama)
160708778_bab0.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160708778_bab1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
160708778_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
160708778_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
160708778_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
160708778_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
160708778_bab6.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Kota Yogyakarta sudah dikenal sebagai kota pelajar. Yogyakarta juga merupakan destinasi bagi para wisatawan. Banyak tempat wisata yang ditawarkan diantaranya, wisata alam dan budaya hingga ke wisata yang terpencil yaitu wisata desa atau kampung wisata. Fenomena pandemi covid-19 yang melanda dunia membuat wisatawan memberikan pendapatnya yang dipublikasikan melalui media sosial. Wisatawan yang menggunakan layanan wisata kuliner seperti restoran mempunyai hak dalam memberikan nilai terhadap kualitas restoran. Pelanggan yang puas mempunyai kemungkinan untuk kembali menggunakan layanan restoran tersebut. Selain itu, restoran tersebut dapat direkomendasikan kepada orang lain ataupun sebaliknya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang membuat puas dan tidaknya pelanggan restoran melalui review atau ulasan yang mereka unggah. Metode yang digunakan adalah Analisis Sentimen dan Text Mining kemudian diterapkan pada kumpulan ulasan dari situs TripAdvisor.com. Ulasan berasal dari restoran sebelum dan selama masa pandemi covid-19 di D.I.Yogyakarta. Ulasan dianalisis nilai sentimennya dan dibagi ke dalam kelas negatif, netral, dan positif sehingga dapat dilihat tingkat kepuasan pelanggan. Hasil dari masing-masing kelas lalu diproses dengan metode n-gram agar dapat diidentifikasi kata-kata yang paling sering dibicarakan pelanggan. Barulah akan terlihat beberapa aspek umum yang sering dibahas oleh pelanggan restoran. Hasil penelitian ini adalah temuan aspek-aspek umum yang muncul pada ulasan untuk kelas negatif, netral, dan positif. Pada penelitian ini juga mengidentifikasi kekuatan empat core bisnis restoran untuk ulasan lalu menunjukan core terkuat yang menunjang aspek dari kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Customer Satisfaction, Sentistrength, N-Gram, Text Mining
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 13 Sep 2021 10:16
Last Modified: 13 Sep 2021 10:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24713

Actions (login required)

View Item View Item