Aditama, Anselmus Anggit (2021) PENGGUNAAN TEXT MINING UNTUK ANALISIS ASPEK KEPUASAN DAN KETIDAKPUASAN PADA REVIEW ONLINE PELANGGAN RESTORAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Anselmus Anggit Aditama)
160708778_bab0.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
160708778_bab1.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
160708778_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text
160708778_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text
160708778_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text
160708778_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
|
Text
160708778_bab6.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Kota Yogyakarta sudah dikenal sebagai kota pelajar. Yogyakarta juga merupakan destinasi bagi para wisatawan. Banyak tempat wisata yang ditawarkan diantaranya, wisata alam dan budaya hingga ke wisata yang terpencil yaitu wisata desa atau kampung wisata. Fenomena pandemi covid-19 yang melanda dunia membuat wisatawan memberikan pendapatnya yang dipublikasikan melalui media sosial. Wisatawan yang menggunakan layanan wisata kuliner seperti restoran mempunyai hak dalam memberikan nilai terhadap kualitas restoran. Pelanggan yang puas mempunyai kemungkinan untuk kembali menggunakan layanan restoran tersebut. Selain itu, restoran tersebut dapat direkomendasikan kepada orang lain ataupun sebaliknya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang membuat puas dan tidaknya pelanggan restoran melalui review atau ulasan yang mereka unggah. Metode yang digunakan adalah Analisis Sentimen dan Text Mining kemudian diterapkan pada kumpulan ulasan dari situs TripAdvisor.com. Ulasan berasal dari restoran sebelum dan selama masa pandemi covid-19 di D.I.Yogyakarta. Ulasan dianalisis nilai sentimennya dan dibagi ke dalam kelas negatif, netral, dan positif sehingga dapat dilihat tingkat kepuasan pelanggan. Hasil dari masing-masing kelas lalu diproses dengan metode n-gram agar dapat diidentifikasi kata-kata yang paling sering dibicarakan pelanggan. Barulah akan terlihat beberapa aspek umum yang sering dibahas oleh pelanggan restoran. Hasil penelitian ini adalah temuan aspek-aspek umum yang muncul pada ulasan untuk kelas negatif, netral, dan positif. Pada penelitian ini juga mengidentifikasi kekuatan empat core bisnis restoran untuk ulasan lalu menunjukan core terkuat yang menunjang aspek dari kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Customer Satisfaction, Sentistrength, N-Gram, Text Mining |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 10:16 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 10:16 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24713 |
Actions (login required)
View Item |