MOTIVASI PENGGUNA INSTAGRAM DALAM MEMBUAT USER-GENERATED CONTENT (Studi Kasus pada Pengguna Instagram dalam Membuat UserGenerated Content terkait Brand iFree Indonesia)

Setiadi, Lisa Charisa (2021) MOTIVASI PENGGUNA INSTAGRAM DALAM MEMBUAT USER-GENERATED CONTENT (Studi Kasus pada Pengguna Instagram dalam Membuat UserGenerated Content terkait Brand iFree Indonesia). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Lisa Charisa Setiadi)
14 09 05216 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05216 2.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text
14 09 05216 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
14 09 05216 4.pdf

Download (803kB) | Preview

Abstract

Kehadiran media sosial menyebabkan pengguna media saat ini tidak lagi melihat dirinya sebagai penerima pasif teks media, tetapi juga sebagai pembuat konten dan menghasilkan user-generated content (UGC). UGC dapat berupa konten apapun yang diciptakan pengguna media sosial diluar praktik profesional dan dengan melibatkan kreatifitas, termasuk konten yang terkait brand. UGC terkait brand diyakini dapat menciptakan alur komunikasi pemasaran horisontal dan menyebabkan pemasar menghadapi tantangan dan peluang yang lebih kompleks dan dinamis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi pengguna dalam membuat UGC terkait brand. Penelitian dilakukan pada pengguna Instagram yang membuat UGC terkait iFree Indonesia. Jenis penelitian yang dipilih adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara terhadap pengguna Instagram yang pernah membuat UGC terkait iFree Indonesia. Teori yang digunakan adalah teori sikap dari Daniel Katz dengan pandangan bahwa alasan seseorang dalam bersikap memenuhi satu atau lebih fungsi yang berbeda; penyesuaian, pertahanan ego, ekspresi nilai, dan pengetahuan. Berdasarkan temuan data penelitian, terdapat beberapa motivasi yang mendorong pengguna Instagram dalam membuat UGC, yaitu memenuhi kewajiban, memperoleh hadiah atau rewards, terlibat dalam pertukaran informasi, mendukung brand, mengekspresikan diri, dan mengembangkan jaringan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, User-Generated Content, Instagram, Komunikasi Pemasaran
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 26 Oct 2021 09:56
Last Modified: 10 Dec 2021 10:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24998

Actions (login required)

View Item View Item