ROYNALDI, RICKY (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF RUMAH POHON INSTITUT DALAM MENGAJAK MASYARAKAT MENGURANGI SAMPAH PLASTIK (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Kampanye Batam Bukan Pulau Plastik). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (RICKY ROYNALDI)
15 09 05594_0.pdf Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
15 09 05594_1.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text
15 09 05594_2.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
15 09 05594_3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
15 09 05594_4.pdf Download (401kB) | Preview |
Abstract
Bahaya plastik kini menjadi topik yang sangat menarik bagi para aktivis lingkungan di Indonesia. Sebagai negara penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia, Indonesia kini mulai banyak bermunculan kampanye untuk menolak penggunaan plastik. Beberapa kota sudah menerapkan peraturan mengenai penggunaan plastik salah satunya adalah Bali. Rumah Pohon Institut sebagai organisasi lingkungan di Kota Batam juga ingin menjalankan kampanye menolak plastik dengan Batam Bukan Pulau Plastik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan penyajian dan pendeskripsian data berdasarkan hasil wawancara mendalam. Narasumber dalam penelitian ini adalah founder dan humas dari Rumah Pohon Institut. Penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi persuasif dan konsep kampanye untuk membantu peneliti mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Rumah Pohon Institut dalam menjalankan kampanyenya. Penerapan strategi komunikasi persuasif Rumah Pohon Institut dalam kampanye Batam Bukan Pulau Plastik diawali dengan tahap perencanaan dan manajemen komunikasi. Pada tahap perencanaan Rumah Pohon Institut menentukan seperti apa goals yang ingin dicapai dan bagaimana cara untuk mencapai goals tersebut. Sedangkan pada tahap menajemen komunikasi, Rumah Pohon Institut menjalankan konsep POAC (Planning, organizing, actuating, dan controling). Tahap selanjutnya adalah dengan menjalankan konsep komunikasi yang dikenalkan oleh Harold D. Laswell yakni dengan menentukan siapa komunikator, yakni bagaimana komunikator harus bersikap, pesan seperti apa yang ingin disampaikan, dan dengan media yang ingin digunakan, dan efek seperti apa yang ditimbulkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Persuasif, Kampanye, Rumah Pohon Institut, Batam Bukan Pulau Plastik |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 27 Oct 2021 13:05 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 13:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25056 |
Actions (login required)
View Item |