PURBATIN, TITIS (2010) EVALUASI KINERJA JALAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS Di JALAN WATES KM 3 – KM 9. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS09695.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS09695.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS09695.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS09695.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS09695.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (Bab V)
5TS09695.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS09695.pdf Download (276kB) | Preview |
Abstract
Salah satu ruas Jalan Propinsi D.I Yogyakarta yang termasuk daerah rawan kecelakaan adalah Jalan Wates Km 3 – Km 9 yang termasuk Jalan Propinsi serta merupakan jalan kolektor atau pengumpul kondisinya saat ini sudah semakin padat lalu lintas dan sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Menurut data dari Polres Sleman, jumlah kecelakaan yang terjadi selama 3 tahun terakhir ini (2005 – 2007) di ruas Jalan Wates Km 3 - km 9 Analisis yang dilakukan mengacu pada manual yang sesuai dengan kondisi arus lalu lintas di Indonesia. Dalam hal ini dilakukan analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk memperhitungkan kinerja lalu lintas yang. Data lalu lintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan dan jumlah kecelakaan di lapangan yang dilakukan selama 3 hari (20, 21, 22 Juli 2009) pada jam-jam sibuk dan disajikan dalam bentuk tabel data kendaraan, dan kemudian dianalisis kinerja lalu lintasnya. Berdasarkan hasil analisis kinerja pada ruas Jalan Wates km 3 – km 9 dengan metode MKJI 1997, bahwa angka kecelakaan sering terjadi pada km 3 – km 5 dengan angka kecelakaan 67,5, dengan kapasitas kendaraan per hari pada Jalan Wates adalah 29104 dengan angka kecelakaan rata-rata 52,8 dan Upper Control Limit rata-rata 55,430. Jadi angka kecelakaan lalu lintas pada ruas Jalan Wates Km 3 – Km 9 masih dalam level aman. Adapun tingkat hambatan samping di ruas Jalan Wates km 3 – km 9 termasuk kategori kelas tinggi dengan frekeunsi berbobot total kejadian mencapai angka 621. untuk itu dibutujkan perbaikan dari berbagai faktor yang berkaitan dengan kinerja ruas Jalan Wates km 3 – km 9, agar tetap terjaga kenyamanan dan keaman dalam berlalu lintas. Hal ini menunjukkan bahwa ruas Jalan Wates Km 3 – Km 9 memerlukan antisipasi untuk peningkatan kinerja jalan tersebut. Berdasarkan alternatif pemecahan masalah yang dilakukan, didapatkan bahwa skenario pengurangan hambatan samping dan pengaturan lalu lintas serta penambahan rambu lalu lintas lebih memungkinkan untuk digunakan dalam upaya mempertahankan kelayakan kinerja ruas Jalan Wates km 3 – km 9.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angka Kecelakaan , Upper Control Limit , Hambatan Samping |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 13:53 |
Last Modified: | 25 Jun 2013 13:53 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2509 |
Actions (login required)
View Item |