IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU THE RICH JOGJA HOTEL DALAM MENCIPTAKAN IMAGE HOTEL BERKEBUDAYAAN YOGYAKARTA

Sitanggang, Nelly Marnala Sari br (2021) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU THE RICH JOGJA HOTEL DALAM MENCIPTAKAN IMAGE HOTEL BERKEBUDAYAAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NELLY MARNALA SARI BR SITANGGANG)
160906046 1.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906046 2.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906046 3.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
160906046 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160906046 5.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran terpadu The Rich Jogja Hotel dalam menciptakan image hotel berkebudayaan Yogyakarta. The Rich Jogja Hotel merupakan salah satu akomodasi penginapan berbintang empat yang telah memisahkan diri pada tahun 2017 dari manajemen Sahid dan berganti nama menjadi The Rich Jogja Hotel. Teori yang digunankan dalam penelitian ini adalah teori mengenai komunikasi pemasaran terpadu. Objek penelitian ini adalah implementasi komunikasi pemasaran terpadu The Rich Jogja Hotel yang berupaya untuk menciptakan image hotel berkebudayaan Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Wawancara dilakukan bersama Precilia Grace selaku Public Relations The Rich Jogja Hotel (Narasumber I) dan Sefty selaku Marketing bagian Sales Promotion (Narasumber II). Kedua proses wawancara dilakukan secara daring menggunakan salah satu platform video conference. Penentuan narasumber dilakukan berdasarkan keterlibatan kedua narasumber selama bekerja di The Rich Jogja Hotel. Hasil akhir penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh The Rich Jogja Hotel membutuhkan adanya kegiatan promosi melalui komunikasi pemasaran terpadu yang diimplementasikan melalui tools diantaranya seperti: 1) Personal selling, 2) Advertising, 3) Public Relations, 4) Sales promotion, 5) Sponsorship 6) Direct marketing, 7) media dan 8) event. Implementasi komunikasi pemasaran terpadu The Rich Jogja Hotel dalam menciptakan image hotel berkebudayaan Yogyakarta upaya dalam menciptakan The Rich Jogja Hotel sebagai hotel yang unik dengan bangunan yang klasik dan mewah, dikenal sebagai hotel family dan business. Meskipun demikian, aspek budaya yang dilekatkan dalam hotel masih membutuhkan konsistensi dalam penyampaian pesan kepada pelanggan dalam setiap proses pemasaran yang dilakukan The Rich Jogja Hotel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi komunikasi pemasaran terpadu, brand image, budaya Yogyakarta
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 29 Oct 2021 10:35
Last Modified: 29 Oct 2021 10:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item