PENGARUH KUALITAS PESAN KAMPANYE #HMCONSCIOUS TERHADAP PERSEPSI KHALAYAK DI YOGYAKARTA

Rimanovita, Lidwina Vallery (2021) PENGARUH KUALITAS PESAN KAMPANYE #HMCONSCIOUS TERHADAP PERSEPSI KHALAYAK DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LIDWINA VALLERY RIMANOVITA)
17 09 06285 1.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06285 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06285 3.pdf

Download (916kB) | Preview
[img] Text
17 09 06285 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17 09 06285 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri fast fashion menjadi industri yang berpengaruh dalam pencemaran air terbesar kedua di dunia dan berkontribusi dalam pencemaran gas emisi karbon sebesar 5,4%. Permasalahan lingkungan ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi retail fashion Hennes & Mauritz (H&M). Karenanya, H&M dengan serius meluncurkan kampanye H&M Conscious Collection. Kampanye tersebut bertujuan untuk menyerukan visi mereka yakni masa depan fashion yang sustainable dengan hanya memproduksi pakaian yang berbahan dasar ramah lingkungan. Adapun kampanye secara umum digunakan untuk menciptakan pemahaman, mengubah perilaku, atau sikap khalayak. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pesan kampanye #HMConscious terhadap persepsi khalayak di Yogyakarta, spesifiknya wanita 15-34 tahun yang telah melihat pesan kampanye #HMConscious di berbagai platform. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif eksplanatif. Metode pengumpulan data berupa survei menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui aplikasi Line, Whatsapp, dan Instagram peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X dan variabel Y memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis teoritis diterima dan hipotesis nol ditolak. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,743 yang diperoleh peneliti melalui uji korelasi menunjukkan bahwa hubungan antara pesan kampanye #HMConscious dengan variabel persepsi khalayak memiliki hubungan yang tinggi. Uji regresi pada penelitian ini memperoleh nilai R (koefisien regresi) sebesar 0,747 dan nilai koefisien korelasi determinasi (R square) sebesar 0,559. Kemudian melalui persamaan regresi Y = 18.886 + 0.683 X dapat disimpulkan bahwa ketika variabel kualitas pesan kampanye #HMConscious meningkat maka variabel persepsi khalayak pun meningkat, demikian sebaliknya. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pesan kampanye terhadap persepsi khalayak di Yogyakarta ialah sebesar 55,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pesan, Kampanye, Conscious Collection, Persepsi Khalayak
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 01 Nov 2021 14:02
Last Modified: 01 Nov 2021 14:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25157

Actions (login required)

View Item View Item