Soedibjo, Revina Arthamevia (2021) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES INFORMASI AKUN INSTAGRAM @SHOPEEPAY_ID DAN TINGKAT KEPERCAYAAN INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VOUCHER SHOPEEPAY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Revina Arthamevia Soedibjo)
17 09 06303 1.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
Text
17 09 06303 2.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
17 09 06303 3.pdf Download (557kB) | Preview |
|
Text
17 09 06303 4.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
||
|
Text
17 09 06303 5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dompet digital merupakan salah satu media pembayaran yang menawarkan berbagai promo cashback yang dapat membuat masyarakat menjadi berperilaku konsumtif. Salah satu dompet digital di Indonesia adalah ShopeePay. ShopeePay menggunakan Instagram yakni @shopeepay_id sebagai salah satu tool komunikasi pemasaran yang digunakan untuk membagikan informasi promo voucher cashback, kerja sama dengan geraigerai, dan sebagainya. Intensitas mengakses informasi Instagram @shopeepay_id dapat merangsang pengikutnya melakukan pembelian voucher ShopeePay. Kebenaran dan keakuratan informasi di Instagram @shopeepay_id tentu juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan pelanggannya dalam memutuskan pembelian. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Peneliti mengambil 100 sampel dari total populasi followers Instagram ShopeePay yakni 313.000 orang. Pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan google form kepada pengikut Instagram @shopeepay_id. Pengolahan data menggunakan SPSS 25.00 dengan teknik analisis data korelasi berganda dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antar variabel intensitas mengakses akun Instagram dan tingkat kepercayaan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.459. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh intensitas mengakses akun Instagram @shopeepay_id terhadap keputusan pembelian voucher ShopeePay sebesar 40.4%, kemudian ada pengaruh tingkat kepercayaan terhadap keputusan pembelian voucher ShopeePay sebesar 34.3%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, intensitas mengakses, tingkat kepercayaan, keputusan pembelian |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 10:38 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 10:38 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25200 |
Actions (login required)
View Item |