PENGARUH INTERAKTIVITAS DALAM KOMUNITAS ONLINE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Anggota Komunitas Online Indonesia Mechanical Keyboard Group di Facebook)

Saputri, Intan Permatasari (2021) PENGARUH INTERAKTIVITAS DALAM KOMUNITAS ONLINE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada Anggota Komunitas Online Indonesia Mechanical Keyboard Group di Facebook). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Intan Permatasari Saputri)
17 09 06313 1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06313 2.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06313 3.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
17 09 06313 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17 09 06313 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diadakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaktivitas dalam komunitas online IMKG terhadap proses keputusan pembelian mechanical keyboard. Melihat perkembangan anggota komunitas online IMKG di Facebook selama pandemi yang meningkat sebanyak 14.529 atau 32% kurang dari 1 tahun (April 2020-Maret 2021), menjadi dasar peneliti tertarik untuk menjadikan komunitas online IMKG sebagai objek penelitian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah interaktivitas yang berjalan dalam komunitas online IMKG dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian mechanical keyboard oleh anggota. Diketahui bahwa komunitas online IMKG memiliki sesi #WTB dan #WTS yang dikhususkan untuk postingan anggota yang menjual atau ingin membeli mechanical keyboard. Selain itu menurut pernyataan Dasdy selaku salah satu admin/ moderator IMKG, tujuan anggota bergabung adalah karena ingin melakukan jual beli mechanical keyboard dan aksesorisnya. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dan dengan tipe penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data adalah simple random sampling dan peneliti memanfaatkan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form sebagai metode pengumpulan data. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan anggota komunitas online IMKG di Facebook. Kuesioner yang digunakan telah memenuhi uji validitas dan uji reliabilitas, serta data dianalisis dengan uji koefisien korelasi dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, diketahui bahwa hasil korelasi antar variabel independen interaktivitas dalam komunitas online IMKG dengan variabel dependen proses keputusan pembelian tahap pengenalan masalah memiliki nilai hubungan sebesar 0.455 dan nilai kontribusi variabel sebesar 20.7%. Selanjutnya pada hasil korelasi antar variabel independen interaktivitas dalam komunitas online IMKG dengan variabel dependen proses keputusan pembelian tahap pencarian informasi memiliki nilai hubungan sebesar 0.547 dan nilai kontribusi variabel sebesar 29.9%. Pada hasil korelasi antar variabel independen interaktivitas dalam komunitas online IMKG dengan variabel dependen proses keputusan pembelian tahap evaluasi alternatif memiliki nilai hubungan sebesar 0.383 dan nilai kontribusi variabel sebesar 14.7%. Selanjutnya hasil korelasi antar variabel independen interaktivitas dalam komunitas online IMKG dengan variabel dependen proses keputusan pembelian tahap keputusan pembelian memiliki nilai hubungan sebesar 0.356 dan nilai kontribusi variabel sebesar 12.7%. Terakhir, pada hasil korelasi antar variabel independen interaktivitas dalam komunitas online IMKG dengan variabel dependen proses keputusan pembelian tahap pasca pembelian yang memiliki nilai hubungan sebesar 0.359 dan nilai kontribusi variabel sebesar 12.9%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interaktivitas, Proses Keputusan Pembelian
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 05 Nov 2021 13:33
Last Modified: 05 Nov 2021 13:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25226

Actions (login required)

View Item View Item