PERENCANAAN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA INSTAGRAM @sampanmimpi UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE

Bangun, Lalita Hutami (2021) PERENCANAAN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA INSTAGRAM @sampanmimpi UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LALITA HUTAMI BANGUN)
15 09 05679 1.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 09 05679 2.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 09 05679 3.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
15 09 05679 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
15 09 05679 5.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang memiliki jumlah pengguna aktif yang cukup banyak di Indonesia. Selain itu, saat ini Instagram juga dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran secara online. Melalui instagram, pelaku bisnis online dapat dengan mudah memasarkan produknya dengan cara mengunggah foto atau video mengenai produk atau jasa yang dijual. Memanfaatkan media sosial instagram, perusahaan dapat memperkuat citra merek (brand image) kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan Instagram Sampan Mimpi sebagai objek penelitian karena Instagram tersebut merupakan satusatunya media yang digunakan untuk membentuk brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan komunikasi pemasaran online melalui Instagram @sampanmimpi untuk membangun brand image. Objek penelitian ini adalah Instagram Sampan Mimpi periode Januari hingga Juni 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif guna memaparkan hasil penelitian yang ditemukan di lapangan yang akan dikaitkan dengan beberapa teori yang digunakan untuk menganalisis. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap akun @sampanmimpi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa perencanaan pemanfaatan Instagram yang Sampan Mimpi lakukan adalah dengan menganalisis masalah, menganalisis khalayak, menentukan tujuan, pemilihan media dan saluran komunikasi, dan mengembangkan rencana atau kegiatan untuk pencapaian tujuan. Pelaksanaan pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Sampan Mimpi adalah dengan memanfaatkan fitur foto (Upload), judul foto (Caption), stories, tagar (#), direct message/ Instagram direct, Insight, serta Instagram Ads untuk social media maintenance, juga followers dan like untuk social media endorsement. Evaluasi pemanfaatan Instagram adalah hasil penjualan meningkat dan jumlah followers bertambah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital, media sosial, Instagram, Brand Image
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:15
Last Modified: 08 Nov 2021 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25234

Actions (login required)

View Item View Item