PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH COMMUNICATION MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA FOLLOWERS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DIMENSIONGYM)

Ica, Winda Deni (2021) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH COMMUNICATION MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA FOLLOWERS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @DIMENSIONGYM). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Winda Deni Ica)
140905464 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905464 2.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905464 3.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
140905464 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
140905464 5.pdf

Download (850kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi infomasi yang semakin canggih membuat media sosial berkembang menjadi wadah dalam dunia pemasaran. Perkembangan inilah yang membuat persaingan bisnis menjadi semakin tinggi, sehingga strategi promosi dalam pemasaran juga menjadi lebih bervariatif. Komunikasi antar pengguna sosial media menjadi elemen terpenting dalam strageti promosi yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen. komunikasi melalui media sosial ini dinamakan Electronic Word Of Mouth (eWOM). EWOM memberi ruang tersendiri untuk konsumen yang berperan sabagai alternative pemilihan produk sebelum membuat keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada akun media sosial Instagram @Dimensiongym. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan membuat kuisioner berbentuk google form dan mengambil 100 responden yang merupakan follower @Dimensiongym. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier sederhana. Hasi penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. diketahui variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh hingga 51,4% terhadap keputusan pembelian. pengaruh dimensi Word Of Mouth Content melalui Instagram @Dimensiongym memiliki pengaruh yang paling kuat dengan nilai koefiesiensi sebesar 1,411 dibandingkan dimensi eWOM yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word Of Mouth, keputusan pembelian, media sosial.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:44
Last Modified: 08 Nov 2021 10:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25238

Actions (login required)

View Item View Item