ANALISIS FRAMING ISU HOMOSEKSUALITAS PADA PEMBERITAAN DI MEDIA MASSA ONLINE (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki dalam Pemberitaan Kasus Pelecehan Seksual Reynhard Sinaga pada Portal Berita Online Detik.com)

Poerwoto, Yohanes Liestyo (2021) ANALISIS FRAMING ISU HOMOSEKSUALITAS PADA PEMBERITAAN DI MEDIA MASSA ONLINE (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki dalam Pemberitaan Kasus Pelecehan Seksual Reynhard Sinaga pada Portal Berita Online Detik.com). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (YOHANES LIESTYO POERWOTO)
14 09 05512 1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05512 2.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05512 3.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
14 09 05512 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img]
Preview
Text
14 09 05512 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Isu homoseksualitas merupakan hal yang masih menjadi pro dan kontra di masyarakat Indonesia. Media yang memiliki kemampuan untuk melakukan framing juga sering mengangkat isu tersebut. Isu homoseksualitas tak luput juga dari pembingkaian yang dilakukan oleh detik.com berdasarkan kasus pemerkosaan Reynhard Sinaga di Inggris. Pria asal Depok tersebut memiliki orientasi seksual yaitu penyuka sesama jenis atau gay dan hal isu tersebut diangkat oleh detik.com untuk dijadikan artikel berita. Penelitian ini ingin melihat bagaimana framing isu homoseksualitas yang dilakukan oleh detik.com pada pemberitaan kasus pemerkosaan Reynhard Sinaga dengan menggunakan pendekatan konstruksionisme. Sedangkan metode yang digunakan adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki. Analisis framing ini dibagi menjadi empat perangkat elemen yaitu skrip, tematik, sintaksis, dan retoris untuk menemukan frame besar dari berita yang dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa framing yang dilakukan oleh detik.com dalam isu homoseksualitas memberikan stigma negatif kepada kelompok tersebut berdasarkan empat berita tentang pemerkosaan oleh Reynhard Sinaga. Keempat berita tersebut memiliki empat frame besar yaitu tema LGBT yang selalu dibahas, LGBT adalah perilaku menyimpang, LGBT tidak akan diterima oleh masyarakat dan negara, dan pejabat publik adalah salah satu agen yang menstigmatisasi negatif kelompok LGBT. Pada akhir kesimpulan, berdasarkan hasil penelitian dan pengkategorian pemberitaan isu LGBT oleh United Nation Development Programme (UNDP), detik.com masuk dalam kategori media yang meliput isu LGBT dari sisi sensasional dan menimbulkan stigma tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki, Isu Homoseksualitas, LGBT, detik.com
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:57
Last Modified: 08 Nov 2021 10:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25239

Actions (login required)

View Item View Item