PENGELOLAAN REDAKSI PADA PROGRAM SI BALET RRI DENPASAR (Studi Eksploratif Kualitatif Pengelolaan Redaksi RRI Programa 1 Denpasar dalam Program Siaran Bina Atlet)

Sogen, Aurelia Licca Barek (2021) PENGELOLAAN REDAKSI PADA PROGRAM SI BALET RRI DENPASAR (Studi Eksploratif Kualitatif Pengelolaan Redaksi RRI Programa 1 Denpasar dalam Program Siaran Bina Atlet). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (AURELIA LICCA BAREK SOGEN)
170906318 1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906318 2.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906318 3.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
170906318 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
170906318 5.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Informasi olah raga menjadi topik yang masih banyak disukai oleh masyarakat. Berdasarkan survei Nielsen pada tahun 2019, terdapat 72% masyarakat yang mengakses informasi tersebut melalui radio. Salah satu radio yang juga sering menginformasikan berita olah raga kepada masyarakat adalah RRI. RRI memahami bahwa masyarakat memerlukan informasi olah raga baik itu tentang perkembangan cabang olah raga atau hasil dari pertandingan olah raga yang baru saja diselenggarakan. Namun informasi olah raga yang disiarkan hanya berkaitan dengan atletatlet yang telah berprestasi saja. Sebagai lembaga penyiaran publik, RRI ingin agar masyarakat juga melihat dari segi yang lain yaitu proses pembentukan atlet, yang kemudian ide ini berkembang sebagai sebuah program talkshow yaitu Si Balet (Siaran Bina Atlet). Setelah launching, program Si Balet langsung mengalami perubahan redaksi. Adanya pandemi covid-19 juga membuat penyiaran program tertunda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap empat narasumber yang terlibat dalam proses pengelolaan program Si Balet. Peneliti menggunakan teori tentang radio penyiaran publik dan tahap pengelolaan media yang dikemukakan oleh Siregar dan Pasaribu (2004). Teori tersebut peneliti gunakan karena dipandang relevan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Si Balet dilakukan seturut dengan tahap pengelolaan media penyiaran seperti yang disampaikan oleh Siregar dan Pasaribu (2004). Tahap pengelolaan media penyiaran tersebut yaitu perencanaan, pengelolaan komponen personel, pengarahan redaksi, dan pengawasan. Pengelola program Si Balet telah melaksanakan empat tahap pengelolaan media, dimulai dari tahap perencanaan yang meliputi proses pra-produksi dan pasca produksi karena program diselenggarakan secara live. Selanjutnya pada tahap pengelolaan komponen personel di mana para staf redaksi dibagi ke dalam satuan-satuan tugas untuk memudahkan pengelola program mengontrol jalannya program. Selanjutnya pada tahap pengarahan di mana pengelola memotivasi, mengkomunikasikan, memimpin, dan memberi pelatihan kepada staf sehingga staf berkontribusi secara maksimal di dalam program Si Balet. Terakhir pada tahap pengawasan meliputi kegiatan pengawasan akan penyelenggaran yang telah dilakukan seturut rencana awal program Si Balet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Redaksi, Program Si Balet, RRI Denpasar
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 09 Nov 2021 11:27
Last Modified: 09 Nov 2021 11:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25253

Actions (login required)

View Item View Item