PENGARUH KUALITAS PESAN PERSUASIF TENTANG KEPOSITIFAN TUBUH TERHADAP CITRA TUBUH PADA REMAJA AKHIR PEREMPUAN (Kasus Pada Followers Akun Instagram Sarah Ayu Sebagai Body Positivity Influencer)

Lucinta, Laurensia (2021) PENGARUH KUALITAS PESAN PERSUASIF TENTANG KEPOSITIFAN TUBUH TERHADAP CITRA TUBUH PADA REMAJA AKHIR PEREMPUAN (Kasus Pada Followers Akun Instagram Sarah Ayu Sebagai Body Positivity Influencer). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LAURENSIA LUCINTA)
170906193 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906193 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906193 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170906193 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
170906193 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gerakan kepositifan tubuh atau body positivity telah mendapatkan sorotan di media sosial dalam satu dekade terakhir. Adanya fakta bahwa media sosial memiliki pengaruh yang buruk terhadap citra tubuh seseorang terutama remaja perempuan menjadi latar belakang maraknya gerakan body positivity di media sosial. Body positivity influencer pun hadir sebagai pemberi pengaruh yang mendorong sikap penerimaan tubuh. Oleh karena itu penelitian yang diangkat ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pesan persuasif tentang kepositifan tubuh terhadap citra tubuh pada remaja akhir perempuan pengikut akun Instagram Sarah Ayu sebagai body positivity influencer. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, dengan sasaran responden yaitu remaja akhir perempuan pengikut akun Instagram Sarah Ayu. Kemudian teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis distribusi frekuensi variabel bebas dan terikat, analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, serta analisis koefisien korelasi untuk mengetahui hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil temuan dan analisis data yang diperoleh melalui perhitungan program SPSS, menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pesan persuasif tentang kepositifan tubuh terhadap citra tubuh pada remaja akhir perempuan. Di mana perhitungan analisis regresi linier sederhana menunjukkan angka signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dinyatakan ada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Serta perhitungan analisis koefisien korelasi menunjukkan angka 0,487, yang dapat diartikan bahwa hubungan antar variabel berada dalam kategori sedang (Sugiyono, 2015). Sehingga melalui hasil temuan data dan analisis penelitian tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa ada pengaruh kualitas pesan persuasif tentang kepositifan tubuh terhadap citra tubuh pada remaja akhir perempuan pengikut akun Instagram Sarah Ayu sebagai body positivity influencer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas pesan persuasif, kepositifan tubuh, Sarah Ayu, citra tubuh, remaja akhir perempuan
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 10 Nov 2021 12:03
Last Modified: 10 Nov 2021 12:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25273

Actions (login required)

View Item View Item