PERAN INFLUENCER JOVI ADHIGUNA DALAM PROSES PEMBENTUKAN SIKAP FEMININ PADA MAHASISWA FISIP UAJY

Putri, Ajeng Meisa Tri Cahyaning (2021) PERAN INFLUENCER JOVI ADHIGUNA DALAM PROSES PEMBENTUKAN SIKAP FEMININ PADA MAHASISWA FISIP UAJY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (AJENG MEISA TRI CAHYANING PUTRI)
140905541 1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905541 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905541 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
140905541 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
140905541 5.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Influencer memiliki peran yang besar dalam memengaruhi audiensnya, entah dalam aspek minor seperti pembentukan keputusan yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari, hingga aspek yang lebih besar seperti pembentukan perspektif serta sikap. Jovi Adhiguna adalah salah satu influencer yang cukup dikenal dan diketahui memiliki pengaruh yang cukup besar pada para pengikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Jovi Adhiguna dalam proses pembentukan sikap feminin yang dimiliki oleh beberapa mahasiswa FISIP UAJY yang juga merupakan pengikut akun Instagram Jovi Adhiguna. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan beberapa mahasiswa FISIP UAJY yang telah dikurasi sesuai dengan kriteria yang diperlukan, observasi kegiatan di akun Instagram Jovi Adhiguna dan juga para narasumber, dan juga menggunakan data tambahan berupa hasil wawancara Jovi Adhiguna dengan media sebagai penguat fakta. Hasil yang ditunjukkan oleh penelitian ini menyatakan bahwa Jovi Adhiguna tidak memiliki pengaruh terhadap pembentukan sikap feminin yang diakui dimiliki oleh para narasumber. Namun, melalui penelitian ini, diketahui bahwa Jovi Adhiguna memiliki pengaruh besar dalam pengambilan keputusan para narasumber untuk menjadi lebih terbuka mengenai sikap feminin yang mereka miliki tersebut pada lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: influencer, Instagram, sikap, feminin, pembentukan keputusan
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 11 Nov 2021 10:45
Last Modified: 11 Nov 2021 10:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25281

Actions (login required)

View Item View Item