STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS RUANG PUBLIK BERDASARKAN METODE GPSI (GOOD PUBLIC SPACE INDEX) PADA TAMAN KULINER CONDONGCATUR KABUPATEN SLEMAN

PRASETYO, ANGGAR (2020) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS RUANG PUBLIK BERDASARKAN METODE GPSI (GOOD PUBLIC SPACE INDEX) PADA TAMAN KULINER CONDONGCATUR KABUPATEN SLEMAN. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANGGAR PRASETYO)
18 54 02807_0.pdf

Download (3MB)
[img] Text
18 54 02807_1.pdf

Download (651kB)
[img] Text
18 54 02807_2.pdf

Download (635kB)
[img] Text
18 54 02807_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
18 54 02807_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
18 54 02807_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
18 54 02807_6.pdf

Download (511kB)

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk di Yogyakarta menyebabkan kebutuhan ruang publik sebagai sarana rekresi dan penyeimbang rutinitas semakin meningkat. Salah satu upaya pemerintah Kabupaten Sleman dalam memenuhi kebutuhan ruang publik tersebut adalah dengan menghadirkan Taman Kuliner Condongcatur. Sebagai ruang publik, Taman Kuliner Condongcatur memiliki fasilitas seperti kios makanan, taman bermain, panggung pertunjukan, area komunitas burung dan skateboard. Selain itu Taman Kuliner Condongcatur terletak strategis dengan pusat transportasi serta pusat pendidikan. Namun, dengan keadaan tersebut, Taman Kuliner Condongcatur dinilai belum mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Hal tersebut dapat dilihat dari keadaan taman kuliner yang cenderung sepi dan minim baik aktivitas maupun peminatnya. Sehingga diperlukan kajian yang lebih mendalam untuk mengetahui performa dari Taman Kuliner Condongcatur. Metode yang digunakan untuk kajian berkaitan dengan peforma ruang publik berdasarkan karakter pengguna dan keragaman aktivitas adalah metode GPSI. Metode GPSI menilai kualitas ruang publik dengan skala indeks 0 hingga 1. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah mengetahui indeks GPSI dari Taman Kuliner Condongcatur dan menentukan target dari indeks yang ingin dicapai serta dapat menentukan strategi-strategi yang digunakan untuk mencapai target-target yang ditentukan. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method pada kategori eksplanatoris sekuensial dengan analisa data-data kuantitatif dan diikuti analisa secara kualitatif. Data-data penelitian diperoleh dengan cara survey dan observasi langsung kemudian dianalisis menggunakan metode GPSI serta melakukan langkah-langkah strategi dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dari Taman Kuliner Condongcatur. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah indeks GPSI dari Taman Kuliner Condongcatur mencapai 0,59 pada kategori sedang. Berdasarkan hasil simulasi lanjutan ditargetkan indeks GPSI pada Taman Kuliner Condongcatur mencapai 0,78 yang menunjukkan kategori tinggi. Strategi utama yang dilakukan adalah pemberian daya tarik atau fasilitas tambahan baru dimana wujud daya tarik dan fasilitas tersebut mampu menyesuaikan dari variabel-variabel yang telah dianalisis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi, ruang publik, GPSI
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Nov 2021 09:45
Last Modified: 15 Nov 2021 09:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25302

Actions (login required)

View Item View Item