ATMOSPHERE PRESENTASI PRODUK PADA INSTAGRAM ONLINE STORE DAN PENGARUHNYA TERHADAP NIAT BELI

MARCELLYNA, RAFAELA (2020) ATMOSPHERE PRESENTASI PRODUK PADA INSTAGRAM ONLINE STORE DAN PENGARUHNYA TERHADAP NIAT BELI. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RAFAELA MARCELLYNA)
18 50 02787_0.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 50 02787_1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 50 02787_2.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
18 50 02787_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
18 50 02787_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img]
Preview
Text
18 50 02787_5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbeda dengan situs e-commerce, pemasaran toko online di media sosial Instagram lebih mengandalkan presentasi produk. Penelitian ini menerapkan SOR Framework untuk menganalisis pengaruh atmosphere presentasi produk terhadap mood, sikap terhadap toko online, serta niat beli, dengan membandingkan dua toko online dengan presentasi yang berbeda. Penelitian melibatkan 200 pengguna Instagram dari Generasi Y dan Generasi Z melalui pembagian kuesioner secara langsung dan secara online. Kuesioner berisi pertanyaan dengan skala diferensial semantik dan skala likert, Metode analisis yang dilakukan meliputi analisis statistik deskriptif, regresi sederhana, regresi berganda, uji mediasi, dan uji one way ANOVA. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua toko online yang diteliti. Atmosphere dari kedua toko online berpengaruh signifikan dan positif terhadap mood serta sikap terhadap toko online. Mood yang dihasilkan dari kedua toko online berpengaruh signifikan terhadap sikap terhadap toko online dan niat beli. Sikap terhadap toko online berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat beli untuk kedua toko online. Hasil ini mengkonfirmasi bahwa dari stimulus yang berbeda akan mendorong organism berbeda dan menghasilkan response berbeda.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Product presentation, Atmosphere, Mood, Attitude towards online store, Purchase intention, SOR Framework, Instagram online store
Subjects: Magister Manajemen > E-Business
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Nov 2021 11:59
Last Modified: 17 Nov 2021 11:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25346

Actions (login required)

View Item View Item