PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENGARUHNYA PADA NIAT BELI : STUDI PADA E-COMMERCE DI INDONESIA

DWIWIJAYA, KADEK AGUS (2020) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENGARUHNYA PADA NIAT BELI : STUDI PADA E-COMMERCE DI INDONESIA. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
18 50 02792_0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 50 02792_1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 50 02792_2.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text
18 50 02792_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
18 50 02792_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
18 50 02792_5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui pengaruh penggunaan media sosial (Social Media Commitment) terhadap niat beli (Purchase Intention) produk fashion melalui E-Commerce, serta mengetahui pengaruh dari Perceived Benefits, dan Online Customer Experience sebagai faktor yang turut mempengaruhi niat seseorang untuk membeli produk fashion di e-commerce yang ada di Indonesia. Jumlah sampel yang valid dan digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 236 responden yang sesuai dengan kriteria penelitian. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probality Sampling (Purposive Sampling dan Snowball Sampling) dengan kriteria pengguna media sosial yang juga menggunakan aplikasi e-commerce untuk membeli produk fashion, dengan didistribusikan melalui offline (instrumen pulpen dan kertas kuesioner) dan online (google form). Data untuk pengujian hipotesis kemudian diolah dan dianalisis secara inner dan outer model menggunakan metode SEM-PLS. Hasil dari hipotesis menunjukkan bahwa dari kelompok diskusi di media sosial baik secara normative (keluarga, teman, relasi) dan informational (pengguna e-commerce, media sosial, artis, selebritis, endorser, tokoh politik) tidak berpengaruh positif terhadap rasa percaya untuk menggunakan aplikasi dan memunculkan niat untuk membeli produk fashion. Tetapi pengaruh utama adalah Social Media Commitment yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap trust dan memunculkan niat untuk membeli di e-commerce. Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dan Perceived Benefits juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, dan hubungan Online Customer Experience terhadap Purchase Intention juga turut berpengaruh kepada pengguna media sosial untuk memunculkan niat membeli di e-commerce.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Normative Social Influence, Social Media Commitment, Informational Social Influence, Trust, Perceived Benefits, Customer Experience, Purchase Intention, SEM-PLS, SPSS.
Subjects: Magister Manajemen > E-Business
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Nov 2021 12:55
Last Modified: 19 Nov 2021 12:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25381

Actions (login required)

View Item View Item