PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP KEPERCAYAAN MERK DAN DAYA TARIK PERUSAHAAN CALON PELAMAR KERJA PADA SHOPEE

Sari, Evi Juliana (2021) PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP KEPERCAYAAN MERK DAN DAYA TARIK PERUSAHAAN CALON PELAMAR KERJA PADA SHOPEE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Evi Juliana Sari)
160322895 0.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160322895 1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160322895 2.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
160322895 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
160322895 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img]
Preview
Text
160322895 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pentingnya employer branding untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di zaman globalisasi sekarang ini. Brand Personality telah membuktikan bahwa beberapa dimensi didalamnya dapat menjadi salah satu yang dapat meningkatkan daya tarik perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bahwa dimensi yang terdapat pada brand personality dapat mempengaruhi kepercayaan merk sehingga dapat menjadi alat untuk meningkatkan daya tarik perusahaan. Penelitian ini digunakan untuk menganalisis calon karyawan yang mayoritas adalah mahasiswa yang masih berkuliah atau sudah lulus apakah mereka tertarik bekerja di Shopee sehingga dapat mengevaluasi merk Shopee. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand personality, kepercayaan merk, dan daya tarik perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merk dipengaruhi oleh lima dimensi yang dimiliki brand personality, yaitu: sincerity, excitement, competence, sophistication, dan ruggedness. Penelitian ini menemukan bahwa merk Shopee lebih dominan terhadap 3 dimensi, yaitu dimensi sincerity, dimensi sophistication, dan dimensi ruggedness. Selain brand personality, kepercayaan merk juga dapat menjadi cara perusahaan untuk mendapatkan SDM yang berkualitas. Tidak hanya itu, kepercayaan merk juga berpengaruh dalam meningkatkan daya tarik perusahaan. Meskipun hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima dimensi yang dimiliki brand personality hanya ada tiga dimensi yang dominan dalam mencerminkan karakter perusahaan yang tulus, menarik, dan maju, namun penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengidentifikasikan lebih dari satu merk dan harus lebih banyak sampel sehingga informasi yang didapatkan lebih beragam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan merk, employer branding, brand personality, daya tarik perusahaan
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2021 10:45
Last Modified: 24 Nov 2021 10:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25421

Actions (login required)

View Item View Item