ARUS INFORMASI DALAM WHATSAPP GROUP UNTUK PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN PADA ORGANISASI VIRTUAL (Penelitian Deskriptif Kuantitatif pada WhatsApp group IYOIN Local Chapter Yogyakarta dalam Penyelenggaraan Program Nasional Peduli Indonesia)

Silvianna, RIBKA (2021) ARUS INFORMASI DALAM WHATSAPP GROUP UNTUK PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN PADA ORGANISASI VIRTUAL (Penelitian Deskriptif Kuantitatif pada WhatsApp group IYOIN Local Chapter Yogyakarta dalam Penyelenggaraan Program Nasional Peduli Indonesia). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RIBKA SILVIANNA)
140905489 1.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905489 2.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
140905489 3.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
140905489 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img]
Preview
Text
140905489 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia membawa perubahan besar pada proses komunikasi individu dan organisasi. Komunikasi kini tidak lagi mengharuskan individu untuk saling bertatap muka, tetapi dapat digantikan dengan media komunikasi sosial atau dikenal dengan media sosial. IYOIN local chapter Yogyakarta merupakan organisasi virtual yang memiliki program satu hari mengajar Peduli Indonesia. Program Peduli Indonesia dikoordinasi secara virtual melalui WhatsApp group dan media alternatif lain, sementara penyelenggaraan program mengajar dilakukan secara tatap muka. Penelitian ini berfokus pada arus komunikasi dalam WhatsApp group untuk pelaksanaan fungsi manajemen penyelenggaraan program Peduli Indonesia. Secara rinci tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan arus informasi dalam WhatsApp group serta arus informasi dalam media alternatif fungsi manajemen penyelenggaraan Peduli Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskripti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survey dan wawancara untuk mengeksplorasi hasil survey. Analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa arus informasi yang mengalir dalam WhatsApp group untuk fungsi manajemen Peduli Indonesia mengalir secara dominan vertikal dari top management kepada bawahan. Arus informasi dalam media alternatif untuk fungsi manajemen Peduli Indonesia digunakan untuk koordinasi internal mendukung pelaksanaan fungsi manajemen dari informasi yang mengalir dalam WhatsApp group. Penggunaan media alternatif pada fungsi manajemen penyelanggaraan Peduli Indonesia menghasilkan informasi yang dinamis yaitu horizontal dan diagonal untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan informasi dalam koordinasi virtual IYOIN.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Organisasi virtual, Arus Informasi, WhatsApp group, Fungsi manajemen
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:31
Last Modified: 23 Nov 2021 12:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25425

Actions (login required)

View Item View Item