PRATAMA, MATEUS JOHAN SETIA (2021) SKRIPSI PROSES PERILAKU IMITASI DI KOMUNITAS BANTUL SKATEBOARD. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (MATEUS JOHAN SETIA PRATAMA)
151005608 0.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
151005608 1.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text
151005608 2.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
151005608 3.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
|
Text
151005608 4.pdf Download (446kB) | Preview |
Abstract
Skateboard menjadi salah satu jenis olahraga ekstrim dengan menggunakan media kayu yang terdapat empat roda. Olahraga skateboard ini menjadi olahraga yang banyak diminati oleh kalangan anak-anak muda. Adanya kesamaan antara individu satu dengan individu lain membentuk suatu komunitas yang mampu mewadahi para anggotanya yang sedang dan akan bergabung dalam kegiatan skateboarding. Bantul Skateboard merupakan komunitas skateboard yang sudah ada sejak tahun 2015. Salah satu fenomena yang menarik untuk diamati dalam kelompok Bantul Skateboard ini adalah munculnya kegemaran yang sama antar anggota dalam berperilaku dan berpakaian. Realita yang bermunculan sekarang ini adalah banyaknya perilaku imitasi yang dilakukan oleh anggota masyarakat setelah melihat atau menggemari kegiatan yang berkaitan dengan skateboard. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: ntuk mengetahui proses imitasi anggota dalam komunitas Bantul Skateboard, untuk mengetahui alasan anggota Bantul Skateboard melakukan imitasi. Dalam proses menirukan para tokoh idola, hampir sebagian besar informan mengatakan jika menirukan sang idola bukan hal yang mudah, sehingga dilakukan secara bertahap. Adanya penghargaan sosial juga merupakan hal pendorong dalam melakukan peniruan. Penghargaan sosial tersebut seperti adanya rasa bangga, apresiasi atau pujian dari lingkungannya setelah meniru trick atau gaya berpenampilan seperti tokoh idolanya. Proses terjadinya imitasi di Bantul skateboard ini terjadi karena adanya minat dan kekaguman terhadap tokoh yang diidolakan. . Keinginan untuk menjadi keren seperti tokoh idolanya tersebut karena ada beberapa faktor pendorong seperti adanya penghargaan sosial yang didapatkan seperti mendapat pujian atau apresiasi dari teman-temanya dan mendapatkan kebanggaan tersendiri setelah dapat meniru tokoh idola mereka dalam melakukan suatu trick skateboard, atau memiliki item-item yang berkaitan dengan tokoh idolanya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses perilaku, Imitasi, Peniruan, Komunitas |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 12:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 12:03 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25428 |
Actions (login required)
View Item |