PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP KEINGINAN UNTUK KELUAR DENGAN KOMITMEN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA OPERATOR DI DEPARTEMEN HATARI PT. KALTIM PRIMA COAL

Nugroho, Yakub Prakosa (2021) PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP KEINGINAN UNTUK KELUAR DENGAN KOMITMEN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA OPERATOR DI DEPARTEMEN HATARI PT. KALTIM PRIMA COAL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Yakub Prakosa Nugroho)
160323012 0.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160323012 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160323012 2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
160323012 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
160323012 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
160323012 5.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Sektor pertambangan hingga saat ini masih menjadi andalan bagi beberapa daerah di Indonesia. Bekerja di sektor ini juga menjadi impian bagi banyak orang, besarnya gaji dan tunjangan yang diterima menjadi salah satu alasannya. Meskipun begitu bekerja di sektor pertambangan tidaklah mudah, sektor pertambangan dikenal memiliki tingkat risiko keselamatan dan kesehatan yang tinggi di tempat kerja, penting bagi perusahaan khususnya di sektor pertambangan untuk dapat mempertahankan karyawan terbaiknya dengan memperhatikan faktor kesehatan dan keselamatan karyawan saat berada di tempat kerja. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang baik tidak hanya dapat menurunkan angka resiko terjadinya kecelakaan di tempat kerja namun juga meningkatkan komitmen karyawan pada organisasi. komitmen afektif merupakan inti dari komitmen organisasi, karyawan yang memiliki komitmen afektif yang tinggi terhadap organisasi cenderung akan meneruskan keanggotaannya pada organisasi, selain itu komitmen afektif juga lebih baik dalam memprediksi keinginan keluar karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap keinginan untuk keluar karyawan dengan dimediasi komitmen afektif di departemen Hatari PT. Kaltim Prima Coal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan aplikasi Google form. Jumlah data terkumpul sebanyak 119 responden. Analisis data menggunakan metode causal step. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berpengaruh negatif terhadap keinginan karyawan untuk keluar dengan komitmen afektif memediasi dengan sempurna. Dapat disimpulkan bahwa karyawan yang merasa lingkungan kerja mereka aman cenderung memiliki komitmen yang tinggi dan memiliki keinginan untuk keluar dari perusahaan yang rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), komitmen afektif, keinginan untuk keluar
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 24 Nov 2021 12:04
Last Modified: 24 Nov 2021 12:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25458

Actions (login required)

View Item View Item