CAPAIAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS PENENUN DI DESA CIBAL, MANGGARAI-NTT (STUDI KASUS KOMUNITAS PENENUN BINAAN LSM SUNSPIRIT FOR JUSTICE AND PEACE, LABUAN BAJO-NTT)

JURU, MELANIA KATARINA MURNI (2021) CAPAIAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS PENENUN DI DESA CIBAL, MANGGARAI-NTT (STUDI KASUS KOMUNITAS PENENUN BINAAN LSM SUNSPIRIT FOR JUSTICE AND PEACE, LABUAN BAJO-NTT). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MELANIA KATARINA MURNI JURU)
161006118 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006118 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
161006118 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text
161006118 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img]
Preview
Text
161006118 4.pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan LSM terhadap masalah-masalah sosial di masyarakat seperti masalah kemiskinan. Berangkat dari keprihatinan tersebut, LSM SSJP mencangkan program pemberdayaan dengan membuat sebuah komunitas penenun yang beranggotkan para perempuan berekonomi rendah. Penelitian ini bertujuan menjelaskan capaian keberdayaan anggota komunitas penenun selama mengikuti program pemberdayaan SSJP. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah komunitas penenun SSJP di Cibal, Manggarai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis melakukan observasi dan wawancara serta dilengkapi dengan melakukan dokumentasi. Lalu kemudian data-data yang telah diperoleh akan dipilah, direduksi, dianalisis, disajikan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa aspek-aspek keberdayaan dari suatu program pemberdayaan telah dipenuhi atau dengan kata lain, aspek keberdayaan telah mampu dicapai oleh komunitas penenun SSJP. Dalam pelaksanaan upaya pemberdayaan tersebut, baik LSM mau pun komunitas penenun mengalami hambatan-hambatan. Hambatan-hambatan tersebut berasal dari pribadi individu sendiri dan berasal dari sistem sosial. Namun, hambatan-hambatan tersebut bukanlah hambatan serius dalam konteks komunitas penenun SSJP di Cibal, hambatan sesunggugnya terletak pada masalah kesulitan akses bahan baku diakibatkan kerusakan jalan serta hambatan manajemen waktu yang berdampak pada pekerjaan penenun mau pun LSM SSJP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Komunitas Penenun
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 24 Nov 2021 13:09
Last Modified: 24 Nov 2021 13:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25466

Actions (login required)

View Item View Item