EVALUASI KINERJA PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BUS EFISIENSI YOGYAKARTA-PURWOKERTO

Handoko, Priyo (2020) EVALUASI KINERJA PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BUS EFISIENSI YOGYAKARTA-PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Firmansyah Reza Saputra)
0TS16263.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1TS16263.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2TS16263.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3TS16263.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
4TS16263.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
5TS16263.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
6TS16263.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perusahaan Otobus (PO) Efisiensi telah dikenal sebagai jagoan lintas selatan Jawa Tengah. Bagi masyarakat yang sering berkendara di lintas selatan Jawa tengah pasti tidak asing dengan bus dari Perusahaan Otobus (PO) satu ini. Terutama dengan Angkutan Umum PATAS(cepat dan terbatas) yang dimiliki oleh Perusahaan Otobus ini. Dengan jadwal perjalanan tetap dan fasilitas yang memadai, membuat Efisiensi mendapat perhatian lebih di mata masyarakat. Pertumbuhan ekonomi di berbagai kota di Jawa Tengah juga menyebabkan peningkatan aktifitas masyarakatnya, sehingga peningkatan akan kebutuhan transportasi umum ikut meningkat. Peningkatan terhadap transportasi umum ini dilihat terus meningkat seiring berjalannya waktu sehingga tidak memiliki batasan, yang kemudian menimbulkan masalah keadaan dimana jumlah armada berlebih. Oleh karena itu perlu diadakan evaluasi kinerja angkutan umum Bus Efisiensi trayek YogyakartaPurwokerto. Disamping itu juga, biaya operasi kendaraan dan penentuan tarif akan dihitung agar berguna sebagai acuan untuk kedepannya. Penelitian ini dilakukan dengan 2 jenis pengumpulan data yakni data primer dan data sekunder. Data primer meliputi panjang trayek, waktu perjalanan, jumlah penumpang dan jumlah muatan kendaraan, sedangkan data sekunder meliputi trayek rute perjalanan, standar pelayanan minimal bus AKAP, jumlah armada beroperasi dan karakteristik kendaraan. Penelitian dilakukan di 3 tempat, yaitu terminal Ambarketawang Yogyakarta, Kantor agen Bus Efisiensi Kebumen dan terminal Bulu Pitu Purwokerto. Jenis kendaraan yang diteliti yaitu tipe kendaraan Hino RK8 R260 dengan kapasitas 43 penumpang. Hasil penelitian ini menunjukkan Load factor rata-rata adalah 45,19 % tidak memenuhi standar yakni 70%. headway rata-rata adalah 31,94 menit tidak memenuhi standar yakni 5-10 menit. Waktu sirkulasi ratarata adalah 10,72 jam, yang mana jauh diatas ketentuan standar yaitu 1-1,5 jam. Kecepatan perjalanan rata-rata adalah 35,13 km/jam, angka tersebut belum memenuhi standar yaitu 30 km/jam. Jumlah kendaraan yang beroperasi sebanyak 17 unit. Harga bus dengan tipe Hino RK8 R260 ini berkisar pada harga Rp. 1.685.000.000 dengan rincian Rp. 1.035.000.000 merupakan harga mesin dan chassis, Rp. 650.000.000 harga karoseri kendaraan. Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) mendapatkan hasil sebesar Rp. 11.536,82 (rp/bus-km) dengan jarak tempuh 164km dari terminal ambarketawang – terminal bulu pitu . Tarif penumpang sebesar Rp. 62.858,50

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: angkutan, kinerja, load factor, biaya operasional kendaraan, tarif.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Nov 2021 11:29
Last Modified: 25 Nov 2021 11:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item