REPRESENTASI BIAS GENDER PADA IKLAN SABUN KHUSUS PEREMPUAN (Analisis Deskriptif Kualitatif pada Iklan Sumber Ayu Sabun Daun Sirih di Televisi)

Sewakkotama, Ananda Ditya (2012) REPRESENTASI BIAS GENDER PADA IKLAN SABUN KHUSUS PEREMPUAN (Analisis Deskriptif Kualitatif pada Iklan Sumber Ayu Sabun Daun Sirih di Televisi). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03366.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03366.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03366.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03366.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03366.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Iklan sebagai salah satu pilar penyangga kapitalisme, membuat kapitalisme dituding sebagai pendukung terbentuknya bias gender dalam iklan. Representasi perempuan dalam iklan yang steriotipe dan bias gender sebenarnya merupakan refleksi dari nilai-nilai sosial mapan yang beroperasi dalam kehidupan masyarakat. Atas dasar kegelisahan tentang maraknya iklan televisi yang mengandung makna bias gender, maka peneleitian ini mencoba memaparkan representasi bias gender yang terkandung dalam sebuah iklan. Iklan yang dipilih untuk digunakan sebagai obyek penelitian adalah iklan televisi Sumber Ayu Sabun Daun Sirih. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori semiotika Roland Barthes yang digunakan untuk menelaah makna bias gender dalam iklan tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskrtiptif kualitatif yaitu yaitu data-data penelitian yang ditampilkan adalah berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Data deskriptif kualitatif dikumpulkan melalui berbagai cara, seperti wawancara, intisari, dokumentasi (rekaman). Penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang mencoba memaparkan dan menjelaskan bias gender dalam iklan Sumber Ayu Sabun Daun Sirih di media televisi. Hasil penelitian ini berupa temuan data mengenai simbol-simbol yang dominan muncul dalam iklan Sumber Ayu Sabun Daun Sirih, simbol-simbol tersebut adalah: melayani suami merupakan tanggung jawab bagi seorang istri dalam rumah tangga dan simbol seksualitas perempuan adalah hal berharga yang dapat memikat kaum lelaki. Kandungan makna dalam iklan Sumber Ayu Sabun Daun Sirih mempunyai pesan bias gender dalam rumah tangga akibat dari stereotipe dalam masyarakat, pembagian tugas tidak setara, peran ganda, dan dominasi laki-laki atas perempuan akibat dari nilai-nilai patriarki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklan Televisi, Semiotika, Bias Gender.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:38
Last Modified: 01 May 2013 12:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item